Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turunkan Silinder untuk Tekan Pemudik Bermotor

Kompas.com - 18/08/2012, 22:35 WIB
Sri Rejeki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah diimbau untuk serius menekan kecelakaan lalu lintas, utamanya selama arus mudik. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan kapasitas silinder sepeda motor agar tidak digunakan sebagai moda transportasi jarak jauh.

"Sudah saatnya pemerintah mengubah kebijakan industri sepeda motor, yakni menurunkan silinder di bawah 100 cc. Produksi untuk mesin di atas 100 cc hanya diizinkan untuk keperluan tertentu saja," kata pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno, Sabtu (18/8/2012) menanggapi banyaknya pemudik bersepeda motor.

Menurut Djoko, di negeri produsen sepeda motor saja, seperti di China dan Jepang, silinder sepeda motor dibatasi hanya boleh di bawah 100 cc dan operasionalnya pun terbatas. Tidak semua jalan boleh dilalui sepeda motor.

"Kalau pemerintah masih membiarkan seperti ini, sama saja pemerintah membiarkan kematian besar-besaran dengan sepeda motor," kata Djoko.

Dari berbagai data ditemukan, 70 persen kecelakaan lalu lintas saat arus mudik melibatkan sepeda motor. Pada lebaran tahun 2011, tercatat 4.482 unit sepeda motor terlibat kecelakaan atau 71 persen dari total moda dengan korban paling banyak berasal dari usia produktif, 16-30 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com