Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kecelakaan, Tempat Istirahat Harus Diperbanyak

Kompas.com - 18/08/2012, 15:49 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik, pemerintah harus membuka ruang sebanyak mungkin untuk didirikan tempat perisitrahatan bagi pengemudi roda empat maupun roda dua. Jika diperbanyak, maka tiap tiga jam pengemudi bisa menggunakan kesempatan untuk beristirahat.

"Kalau banyak tempat peristirahatan, maka supir tiap tiga jam bisa berhenti di ruang-ruang istirahat itu," ujar Ketua Masyarakat Transportasi Transportasi Indonesia (MTI) Prof DR Danang Parikesit kepada Kompas, Sabtu (18/8/2012).

Menurut Danang, penyebab kecelakaan yang selama ini terjadi adalah karena pengemudi kelelahan setelah mengemudi berjam-jam untuk mudik ke kampung halamannya.

"Kalau pengemudi stop dan memanfaatkan waktu untuk beristirahat sampai 15-20 menit untuk makan minum atau tiduran saja, hal itu akan membuat pengemudi segar kembali, mengurnagi tekanan dan lebih waspada melanjutkan perjalanan," tambah Danang.

MTI, lanjutnya, berharap pemerintah tahun ini bisa menekan angka keclakaan di bawah 500 orang yang tewas. Tahun 2010 angka kecelakaan tercatat lebih dari 853 orang tewas. Tahun lalu turun menjadi 779. Hingga Sabtu siang ini, menurut data Mabes Polri, jumlah korban sudah mencapai 340 orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com