Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Dianjurkan Lewat Jalur Selatan

Kompas.com - 17/08/2012, 13:10 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com — Untuk menghindari kemacetan di jalur pantai utara (pantura) Jawa Barat, pemudik dianjurkan agar melintasi jalur selatan. Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Martinus Sitompul saat dihubungi, Jumat (17/8/2012), mengatakan, penumpukan kendaraan terjadi sejak di pintu masuk tol Cikampek.

"Kami sudah berkali-kali melakukan pengalihan arus dan pola buka-tutup, antara lain di Kilometer 66 Cikampek. Di titik itu, pemudik diarahkan ke kiri yang nantinya bisa ke arah Sadang (Karawang), atau masuk ke Tol Cileunyi yang bisa ke arah jalur selatan melalui Nagreg," katanya.

Jalur selatan saat ini relatif lebih lancar dibandingkan dengan jalur pantura. Untuk mengatasi kepadatan di pantura, skenario polisi berikutnya ialah mengarahkan kendaraan ke jalur tengah, yakni dari Sadang, Kalijati, Subang, Cikamurang, Kadipaten (Majalengka).

Namun, kemacetan selepas Kadipaten menuju Palimanan (Cirebon) juga tak terhindarkan. Dari pantauan di lapangan, pemudik sepeda motor macet total di Palimanan. Kondisi jalan sempit dan keberadaan pasar di kawasan itu menyebabkan pemudik berjalan merayap. Selepas Palimanan, arus kembali lancar hingga ke Losari-Brebes (Jawa Tengah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com