Dalam 5 Menit, Belgia Hajar Belanda

Kompas.com - 16/08/2012, 03:58 WIB
EditorDaniel Sasongko

BRUSSELS, KOMPAS.com - Belgia hanya membutuhkan waktu lima menit pada menit-menit akhir babak kedua untuk menang 4-2 atas Belanda dalam laga persahabatan di Stadion Roi Baudouin, Belgia, Rabu atau Kamis (16/8/2012) dini hari WIB.

Setelah sempat tertinggal 1-2, gol Dries Mertens pada menit ke-75, Romelu Lukaku (77), dan Jan Vertonghen (80) mampu membalikkan kedudukan sekaligus mengempaskan "De Oranje".

Di menit-menit awal pertandingan berjalan lambat. Belgia mampu mengancam lebih dulu berkat aksi Eden Hazard pada menit ke-9. Namun, upaya gelandang Chelsea itu masih belum membuahkan hasil karena bola tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih dapat diblok Joris Mathijsen dengan cukup baik.

Pada menit ke-20, Belgia berhasil membuka skor lebih dulu berkat aksi penyerang muda, C. Benteke. Menerima umpan dari Kevin Mirallas, ia berhasil melewati bek Mathijsen, sebelum melepaskan tendangan keras, yang bolanya tak dapat dihalau kiper Maarten Stekelenburg.

Belanda mencoba membalas enam menit berselang. Akan tetapi, kiper Thibaut Courtois tampil gemilang dengan menepis bola tendangan terarah Rafael Van der Vaart dari dalam kotak penalti pada menit ke-26.

Sepanjang babak pertama, skuad asuhan Louis Van Gaal terlihat frustasi menembus rapatnya barisan pertahanan Belgia. Memasuki akhir babak, hampir menyamakan kedudukan, jika saja bola tembakan Robben dari hasil kemelut di kotak penalti Belgia tidak ditepis oleh Courtois.

Selepas turun minum, Belanda akhirnya baru dapat menyamakan kedudukan berkat gol Narsingh pada menit ke-54. Satu menit berselang, giliran Huntellar yang membuat suporter tim tamu girang, setelah mampu mencetakan namanya di papan skor sekaligus membalikkan kedudukan 2-1 untuk Belanda.

Tertinggal, Belgia kemudian mengubah strateginya dengan memasukan sejumlah pemain mudanya. Taktik itu berhasil, karena salah satu pemain pengganti Mertens, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah menceploskan bola ke gawang Stekelenburg.

Bahkan, dua menit berselang, Belgia kembali mampu unggul 3-2 setelah pemain pengganti lainnya, Lukaku, berhasil memanfaatkan kesalahan barisan belakang Belanda untuk membuat gol pada menit ke-77.

Belanda kembali menerima kenyataan pahit, setelah Belgia mencetak gol keempatnya berkat torehan Vertonghen pada menit ke-80. Menerima umpan akurat dari Mertens, pemain Tottenham Hotspur itu melepaskan tembakan keras yang bolanya tidak dapat dihalau Stekelenburg.

Pasukan "De Oranje" berusaha untuk menciptakan gol hingga menit-menit akhir pertandingan. Akan tetapi, beberapa peluang yang didapat tidak berhasil dikonversikan menjadi gol. Laga pun ditutup dengan skor 4-2 untuk Belgia.

Susunan Pemain
Belgia: Thibaut Courtois, Guillaume Gillet, Daniel Van Buyten (Toby Alderweireld 46), Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Axel Witsel, Steven Defour, Kevin Mirallas (Kevin De Bruyne 56), Eden Hazard (Moussa Dembele 58), Chadli (Dries Mertens 67), C. Benteke (Romelu Lukaku 63)

Belanda: Maarten Stekelenburg, Ricardo van Rhijn, John Heitinga (Stefan de Vrij 46), Joris Mathijsen (Nick Viergever 46), Jetro Willems (Bruno Martins Indi 46), Wesley Sneijder, Nigel De Jong, Rafael Van der Vaart (Adam Maher 46), Luciano Narsingh, Klass-Jan Huntelaar, Arjen Robben

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X