Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api masih Bisa Melonjak Hingga Oktober

Kompas.com - 15/08/2012, 19:08 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

  JAKARTA, KOMPAS.com- Kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di Kalimantan Tengah terus dipertahankan hingga Oktober 2012. Sebab, kemungkinan melonjaknya jumlah titik panas atau hot spot masih bisa terjadi hingga bulan itu. Pada Agustus 2012 saja, jumlah titik panas sudah menunjukkan peningkatan tajam .

Demikian dikatakan Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Kholid Indarto saat dihubungi di Palangkaraya, Kalteng, Rabu (15/8/2012). Berdasarkan data BKSDA Kalteng, jumlah titik panas hingga 11 Agustus 2012 sebanyak 290 titik.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun 2011 sebanyak 275 titik. Sejauh ini selama 2012, titik panas pada Agustus sudah mencapai jumlah terbesar. Jumlah total titik api pada Juli 2012 saja, hanya sebanyak 205 titik. Karena itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan.

Kholid mengatakan, jika melakukan pembakaran lahan, masyarakat diimbau untuk melakukannya secara terkendali. Pembakaran untuk membuka lahan perkebunan tak bisa disangkal sudah dilakukan masyarakat Kalteng sejak dulu. Namun , lanjut Kholid, kegiatan itu harus dilakukan dengan pengawasan ketat.

"Aktivitas dan luas lahannya dibatasi. Pembaka ran memang cara paling murah untuk membuka lahan tapi jangan sampai meluas, " ucapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com