Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Buatan Mengatasi Titik Panas

Kompas.com - 15/08/2012, 17:41 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com-Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Rachmadi Kurdi memberikan kesempatan jika ada pihak yang ingin membuat hujan buatan di wilayahnya. Langkah itu penting karena untuk bulan Agustus ini saja sudah terpantau ada 88 titik panas atau hot spot di wilayah Kalsel. Dari jumlah tersebut 70 persen di antaranya berada di dalam kawasan hutan.

Saat ini sebenarnya titik panas relatif terkendali. Tapi kalau ada pihak yang hendak membuat hujan buatan untuk membasahi lahan dan hutan ya silakan. "Silakan jika pusat memiliki rencana itu, ujar Rachmadi Kurdi, di Banjarmasin, Rabu (15/8/2012).

Menurut Rachmadi 88 buah titik panas yang terpantau dalam satu bulan terakhir memang meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Sebelumnya jumlah hot spot total yang terpantau hingga bulan Juli hanya 111 titik.

Namun jika dibanding periode yang sama tahun 2011 jumlah titik panas tahun 2012 masih lebih kecil. Tahun lalu secara komulatif ada 987 titik api yang tercatat hingga bulan September, dan sebagian di antaranya telah berupa kebakaran lahan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com