Kompas.com - 15/08/2012, 17:08 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012 diprediksi akan menjadi pertarungan sengit antara kedua pasang calon kepala daerah, yakni Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki T Purnama. Dengan bertambahnya dukungan partai politik untuk Fauzi-Nachrowi, pasangan Joko-Basuki harus berhati-hati dalam memperebutkan mahkota DKI-1 dan DKI-2.

Demikian pendapat pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Burhanuddin Muhtadi. Burhanuddin mengatakan, putaran kedua pilkada ini akan menjadi sangat kompetitif. Meski hanya mempertemukan dua pasang kandidat, suasananya jauh lebih seru dibandingkan pada putaran pertama yang diikuti enam pasang calon.

"Ini tentu menjadi cukup kompetitif dan seru. Jokowi tidak bisa berlenggang kangkung meski momentum ini masih menjadi miliknya," kata Burhanuddin, Rabu (15/8/2012).

Pada putaran pertama, pasangan Joko-Basuki atau dikenal dengan Jokowi-Ahok secara mengejutkan mampu menjungkirbalikkan pasangan Fauzi-Nachrowi atau Foke-Nara, yang sempat mengeluarkan jargon "menang satu putaran". Jika Jokowi-Ahok tidak berhati-hati, maka bukan tidak mungkin kondisi pada putaran kedua justru berbalik. "Bagaimanapun juga mobilisasi parpol tidak bisa diabaikan, apalagi seperti suara dari PKS," ujar Burhanuddin.

Ia berpendapat masing-masing pasangan calon harus memakai strategi yang tepat dan memerhatikan langkah yang diambil. Hal ini perlu dilakukan mengingat suara warga Jakarta akan tetap berperan besar meski kekuatan partai politik juga patut diperhitungkan seperti terjadi pada Pilkada 2007.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.