Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Inovasi Baru "Branding" Jokowi

Kompas.com - 15/08/2012, 14:20 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses dengan kemeja kotak-kotak sebagai personal branding dari pasangan Jokowi-Ahok, pada putaran kedua ini muncul inovasi dengan membuat permainan di dunia maya yang diberi nama "Selamatkan Jakarta".

Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center, Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo, mengatakan, permainan ini belum resmi diluncurkan. Namun, sudah dapat dimainkan melalui jejaring sosial facebook.

"Belum resmi diluncurkan. Tapi sejak Sabtu (18/8/2012) lalu sudah dapat dimainkan. Hingga saat ini, setidaknya 50.000 orang telah memainkannya," kata Budi, di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Permainan yang bentuknya mirip dengan games Angry Birds ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Pihaknya menargetkan setidaknya hingga Pilkada putaran kedua nanti permainan ini akan dimainkan lebih dari 1.000.000 kali oleh pengunjung dunia maya di Indonesia.

"Kami belum launching saja, sudah dimainkan lebih dari 50.000 kali, apalagi jika nanti sudah dilaunching," ujar Budi.

Ia juga mengatakan bahwa permainan yang hendak diluncurkan itu juga dapat menjadi sarana pendidikan politik yang menyenangkan, khususnya bagi generasi muda. "Ini sarana yang positif. Pendidikan politik dapat dilakukan dengan cara menyenangkan yaitu dengan bermain game," kata Budi.

Bagi yang tertarik untuk memainkan games ini dapat mengakses melalui facebook (apps.facebook.com/selamatkanjakarta) atau PC (www.metric-design.com/game.swf?). Untuk versi beta ini terdapat 30 level permainan, dan akan ditambah lagi setelah launching resmi, yang rencananya akan dilaunching langsung oleh Jokowi.

Tokoh jagoan dalam game ini adalah Jokowi yang mempunyai misi untuk menyelamatkan Jakarta dari permasalahan Jakarta yang ada selama ini seperti oknum pejabat, pengusaha hitam, pelaku kriminal dan sampah yang melambangkan kekumuhan dan kemiskinan. Untuk membersihkan masalah Jokowi ini dapat menggunakan senjata-senjata yang ada seperti bom tomat, rocket dan TNT. Tapi ingat, jangan sampai Jokowi ikut menghancurkan "warga yang baik" yang menjadi teman Jokowi di game ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com