Kompas.com - 15/08/2012, 14:20 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses dengan kemeja kotak-kotak sebagai personal branding dari pasangan Jokowi-Ahok, pada putaran kedua ini muncul inovasi dengan membuat permainan di dunia maya yang diberi nama "Selamatkan Jakarta".

Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center, Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo, mengatakan, permainan ini belum resmi diluncurkan. Namun, sudah dapat dimainkan melalui jejaring sosial facebook.

"Belum resmi diluncurkan. Tapi sejak Sabtu (18/8/2012) lalu sudah dapat dimainkan. Hingga saat ini, setidaknya 50.000 orang telah memainkannya," kata Budi, di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Permainan yang bentuknya mirip dengan games Angry Birds ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Pihaknya menargetkan setidaknya hingga Pilkada putaran kedua nanti permainan ini akan dimainkan lebih dari 1.000.000 kali oleh pengunjung dunia maya di Indonesia.

"Kami belum launching saja, sudah dimainkan lebih dari 50.000 kali, apalagi jika nanti sudah dilaunching," ujar Budi.

Ia juga mengatakan bahwa permainan yang hendak diluncurkan itu juga dapat menjadi sarana pendidikan politik yang menyenangkan, khususnya bagi generasi muda. "Ini sarana yang positif. Pendidikan politik dapat dilakukan dengan cara menyenangkan yaitu dengan bermain game," kata Budi.

Bagi yang tertarik untuk memainkan games ini dapat mengakses melalui facebook (apps.facebook.com/selamatkanjakarta) atau PC (www.metric-design.com/game.swf?). Untuk versi beta ini terdapat 30 level permainan, dan akan ditambah lagi setelah launching resmi, yang rencananya akan dilaunching langsung oleh Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tokoh jagoan dalam game ini adalah Jokowi yang mempunyai misi untuk menyelamatkan Jakarta dari permasalahan Jakarta yang ada selama ini seperti oknum pejabat, pengusaha hitam, pelaku kriminal dan sampah yang melambangkan kekumuhan dan kemiskinan. Untuk membersihkan masalah Jokowi ini dapat menggunakan senjata-senjata yang ada seperti bom tomat, rocket dan TNT. Tapi ingat, jangan sampai Jokowi ikut menghancurkan "warga yang baik" yang menjadi teman Jokowi di game ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.