Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Panas Agustus di Kalteng Lampaui Juli

Kompas.com - 14/08/2012, 21:47 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Titik panas (hot spot) di Kalimantan Tengah yang menjadi indikasi kebakaran lahan, pada Agustus ini melonjak dibandingkan Juli lalu. Bahkan, belum pertengahan Agustus 2012, titik panas sudah melampaui jumlah total pada bulan Juli.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Kholid Indarto, saat dihubungi di Palangkaraya, Selasa (14/8/2012), menjelaskan, peningkatan titik panas pada Agustus setiap tahun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, merupakan gejala yang rutin terjadi.

Berdasarkan data BKSDA Kalteng, jumlah titik panas hingga 11 Agustus 2012 sudah mencapai 290 titik. Jumlah itu sudah jauh melebihi total titik panas pada Juli 2012 sebanyak 205 titik. Karena itu, kebakaran lahan di Kalteng juga kian sering terjadi. Namun menurut Kholid, belum ada kebakaran yang tidak terkendali.

"Semua instansi yang terkait pencegahan kebakaran sudah mengambil sikap siaga penuh. Jumlah personel yang disiagakan di Kalteng sekitar 450 orang," katanya.

Mereka terdiri atas 150 petugas Manggala Agni BKSDA Kalteng, serta tenaga swadaya publik seperti tim serbu api dan masyarakat peduli api.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com