Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5,5 Juta Warga Jakarta akan Mudik Tahun Ini

Kompas.com - 14/08/2012, 17:47 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tradisi mudik tahunan menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangka perayaan hari raya Idul Fitri. Pada tahun 2012 ini, diprediksi ada sekitar 5,5 juta warga Jakarta yang akan meninggalkan Ibukota untuk pulang ke kampung halamannya.

"Prediksi untuk pemudik yang keluar Jakarta jumlahnya 7 juta, di antara itu sebanyak 5,5 juta adalah warga Jakarta. Sisanya adalah pemudik yang transit di Jakarta seperti yang dari Sumatera," terang Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (14/8/2012).

Angka itu, sebut Agung, meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu. Agung mengatakan, arus mudik di Jakarta mulai terasa pekan ini. Namun, peningkatan signifikan mulai bisa dirasakan besok, Rabu (15/8/2012) malam atau H-4 hari raya Idul Fitri.

Sepeda motor tetap diprediksi sebagai moda transportasi yang paling dominan digunakan warga. Sementara itu, puncak arus mudik dari Jakarta diperkirakan akan terjadi pada Jumat (17/8/2012) atau H-2 di mana pada tanggal itu bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI yang merupakan hari libur nasional.

"Nanti masyarakat Jakarta akan mulai merasakan lengang pada Kamis karena arus mudik akan terasa. Kalau sekarang ini, masih arus lalu lintas masih padat," kata Agung.

Dia pun menambahkan bahwa hingga H-5 ini, sudah 46.978 pemudik yang meninggalkan Jakarta. Mereka adalah para peserta mudik bareng yang diselenggarakan oleh Sidomuncul, Jasa Raharja, Pemrpov Jawa Tengah, Carrefour, Honda Astra, BRI, Petro Jaya Board, Yamaha, dan Partai Demokrat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com