Kompas.com - 14/08/2012, 17:47 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Tradisi mudik tahunan menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangka perayaan hari raya Idul Fitri. Pada tahun 2012 ini, diprediksi ada sekitar 5,5 juta warga Jakarta yang akan meninggalkan Ibukota untuk pulang ke kampung halamannya.

"Prediksi untuk pemudik yang keluar Jakarta jumlahnya 7 juta, di antara itu sebanyak 5,5 juta adalah warga Jakarta. Sisanya adalah pemudik yang transit di Jakarta seperti yang dari Sumatera," terang Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (14/8/2012).

Angka itu, sebut Agung, meningkat 11 persen dibandingkan tahun lalu. Agung mengatakan, arus mudik di Jakarta mulai terasa pekan ini. Namun, peningkatan signifikan mulai bisa dirasakan besok, Rabu (15/8/2012) malam atau H-4 hari raya Idul Fitri.

Sepeda motor tetap diprediksi sebagai moda transportasi yang paling dominan digunakan warga. Sementara itu, puncak arus mudik dari Jakarta diperkirakan akan terjadi pada Jumat (17/8/2012) atau H-2 di mana pada tanggal itu bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI yang merupakan hari libur nasional.

"Nanti masyarakat Jakarta akan mulai merasakan lengang pada Kamis karena arus mudik akan terasa. Kalau sekarang ini, masih arus lalu lintas masih padat," kata Agung.

Dia pun menambahkan bahwa hingga H-5 ini, sudah 46.978 pemudik yang meninggalkan Jakarta. Mereka adalah para peserta mudik bareng yang diselenggarakan oleh Sidomuncul, Jasa Raharja, Pemrpov Jawa Tengah, Carrefour, Honda Astra, BRI, Petro Jaya Board, Yamaha, dan Partai Demokrat.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.