Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unit Sepeda Motor Bantu Urai Kemacetan

Kompas.com - 14/08/2012, 17:24 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 30 unit sepeda motor jenis skuter matic, dikerahkan untuk membantu mengurai kemacetan arus mudik di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung.

Ukuran sepeda yang kecil, diyakini bisa membuat manuver petugas kepolisian lebih tangkas dalam mencapai titik kemacetan, dan segera membantu menguraikannya.

Hal itu dikemukakan Kepala Pos Nagreg sekaligus Kepala Bidang Propam Polda Jabar, Komisaris Besar Supratman di Nagreg, Selasa (14/8/2012) ini.

Pihaknya mendapatkan pinjaman sepeda motor matic dari Korlantas Polri selama arus mudik Idul Fitri 1433 Hijriyah berlangsung.

"Semoga tetap dititipkan sampai arus mudik selesai," katanya.

Supratman beralasan, sepeda motor skuter matic itu dipandang efektif dalam bergerak, dalam kerumunan kendaraan pemudik.

Petugas polisi juga dengan mudah memberikan isyarat, sembari menaiki sepeda motor itu. Berbeda halnya bila mengandalkan sepeda motor ukuran besar, yang biasanya dipakai untuk pengawalan, dipastikan sulit bergerak di dalam kerumunan pemudik.

Beberapa masalah yang disasar unit tersebut, seperti titik kemacetan berupa persimpangan atau masalah lalu lintas. Untuk kasus kemacetan panjang di malam hari, kerap sopir kendaraan tidur dan tidak sadar bahwa kendaraan di depannya sudah bergerak. Saat itulah tugas unit sepeda motor untuk menangani secara khusus.

Selama arus mudik, unit tersebut akan disebar di sepanjang pos pengamanan polisi. Supratman menuturkan bahwa jumlah unit yang disebar tergantung wilayah dan kecenderungannya untuk macet. Salah satu titik yang diwaspadai seperti sepanjang jalur Garut, karena banyaknya pasar tumpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com