Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok BBM Dipastikan Aman

Kompas.com - 14/08/2012, 16:29 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stok bahan bakar minyak menjelang Lebaran dan saat arus mudik Lebaran dipastikan dalam kondisi aman. Pasokan BBM juga siap didistribusikan ke berbagai wilayah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyampaikan hal itu dalam kunjungan kerja ke terminal BBM di Cikampek, Jawa barat, Selasa (14/8/2012). Acara itu juga dihadiri Kepala Badan Pengatur Hilir Migas Andy Noorsaman Sommeng dan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan.

Jero Wacik dan rombongan juga mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum yang berlokasi di Karawang. SPBU itu memiliki fasilitas SPBU Kantong BBM, SPBU pengalihan tangki pendam, tempat istirahat bagi konsumen pertamax.

Kunjungan kerja itu untuk lebih memantapkan kehandalan pasokan, operasional, dan langkah-langkah untuk menjaga keamanan pasokan BBM, terutama di daerah Cikampek dan sekitarnya.

" Kami telah mengecek keamanan stok BBM menjelang Lebaran atau saat arus mudik," kata Jero Wacik. Pemerintah telah membentuk satuan tugas persiapan Lebaran yang telah bertugas sejak 4 Agustus lalu.

Stok BBM status 13 Agustus 2012 dalam kondisi normal yakni premium pada tingkat 17,05 hari, minyak tanah 75,94 hari, solar 17,79 hari, avtur 19,54 hari.

Adapun ketahanan stok elpiji nasional periode H-5 sampai H+15 lebaran 17,51 hari dengan estimasi konsumsi harian 14,768 metrik ton.

Meskipun realisasi konsumsi bahan bakar gas untuk transportasi, khususnya untuk bus transjakarta, masih sedikit, pihaknya juga memastikan ketahanan pasokan BBG. "Stok bahan bakar gas untuk transportasi mencukupi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com