Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik dari Pelabuhan Semayang Meningkat

Kompas.com - 14/08/2012, 15:09 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Kenaikan jumlah pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada libur Lebaran kali ini diprediksi meningkat minimal 5 persen dari Lebaran tahun 2011.

Tahun lalu, pemudik dari Semayang berjumlah 35.225 orang, dengan tujuan ke Surabaya, Makassar, Parepare, Mamuju, Pantoloan/Palu, Tarakan, dan Batu Licin.

Menurut Nengah Suryana, Pelayanan Barang dan Aneka Usaha PT Pelindo, selaku operator di Pelabuhan Semayang di Balikpapan, Selasa (14/8/2012), prediksi 5 persen ini besar kemungkinan terlampaui karena, selain adanya libur Lebaran, sekarang juga masa libur sekolah. Sebagai perbandingan, pada Lebaran 2011, pihaknya memprediksi kenaikan jumlah pemudik 5 persen lebih banyak dari Lebaran 2010, tetapi faktanya jumlah pemudik naik 15 persen.

Arus mudik mulai terlihat di pelabuhan ini sejak hari Minggu lalu hingga hari ini. Sebagian pemudik bahkan ada yang menginap sehari sebelumnya agar tak kehabisan tiket dan kebagian tempat  untuk menunggu kapal.

Arus puncak mudik diperkirakan terjadi pada Selasa (14/8/2012) dan Jumat (17/8/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com