Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Contra Flow" Pantura Subang Situasional

Kompas.com - 14/08/2012, 12:35 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Bimo Anggoro Seno di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (14/8/2012), mengatakan, skenario contra flow atau melawan arus di jalur pantai utara Subang dilakukan hanya jika terjadi kemacetan. Sifatnya situasional.

Kebijakan menggunakan tiga lajur untuk arus ke arah Cirebon dan satu untuk ke arah Jakarta selama arus mudik akan ditempuh untuk menambah kapasitas sekaligus mengatasi penumpukan. Ruas yang disiapkan adalah dari Cikopo hingga ke Pamanukan yang jaraknya sekitar 48 kilometer.

Selain menambah kapasitas jalur menuju Cirebon, sebagaian kendaraan ke arah Jakarta akan dialihkan ke jalur alternatif Binong-Pagaden-Subang-Kalijati-Sadang melalui Gerbang Tol Sadang.

Khusus ruas Cikopo-Simpang Mutiara, penambahan ruas telah dilakukan sejak Senin (13/8/2012). Ruas sepanjang sekitar 1,7 kilometer itu menjadi ruas penyumbat karena lebih sempit dibandingkan dengan dua jalur yang dihubungkannya, yakni jalur utama pantai utara dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hingga Selasa siang atau H-5 (mengacu Idul Fitri pada 19 Agustus 2012), situasi lalu lintas di wilayah Jawa Barat secara umum lancar meski terjadi kepadatan pada jam tertentu, terutama pada Jumat dan Sabtu pekan lalu dan Senin ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com