Kompas.com - 14/08/2012, 11:42 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Sedikitnya 17 pengendara tewas karena kecelakaan di wilayah Jawa Barat dalam tiga hari masa Operasi Ketupat Lodaya, 11-13 Agustus 2012.

Lokasi kecelakaan tersebar di jalur-jalur mudik utara, tengah, dan selatan. Data Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat, dalam tiga hari operasi tersebut, terjadi 77 kecelakaan yang mengakibatkan 17 orang meninggal dunia dan 70 orang luka-luka.

Dari kasus tersebut, kerugian material ditaksir mencapai Rp 162,3 juta. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno saat berkunjung ke Pos Pengamanan Cikopo, Selasa (14/8/2012), mengatakan, pos-pos pengaturan dan pengamanan telah berdiri di setiap 4,5 kilometer jalur mudik.

Selain itu, sejumlah upaya ditempuh untuk mengantisipasi kemacetan, gangguan keamanan, dan kecelakaan. Putut berharap, dengan semakin banyaknya kegiatan mudik bareng yang digelar perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintah, angka kecelakaan dapat ditekan.

Selain mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor, kegiatan itu efektif untuk menekan angka kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.