Kompas.com - 14/08/2012, 11:05 WIB
EditorReza Wahyudi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabar yang menyedihkan datang dari Enthrean Guardian, proyek kolaborasi pembuatan game ber-genre RPG berjudul Eternal Grace.

Proyek tersebut secara resmi dibatalkan karena gagal mendulang dukungan dana yang dibutuhkan untuk menggarap episode 2.

Kabar tersebut muncul dari akun resmi Enthrean Guardian serta pemimpin proyek Eternal Grace, Jason Prestiliano. Dia mengungkapkan permohonan maaf karena proyek tersebut tidak bisa dilanjutkan dan berharap tetap bisa menghasilkan game meski dalam judul lainnya.

Sejak bulan Juli, mereka sebetulnya sudah mendaftarkan proyek Eternal Grace Episode 2 ke wujudkan.com, sebuah situs crowdfunding dari Indonesia.

Seperti halnya Kickstarter, pihak yang mengajukan proposal akan diberi waktu sebulan untuk mendulang dukungan uang dari siapa pun.

Bila jumlahnya mencapai target, uang akan diberikan. Tapi bila terjadi sebaliknya, uang akan dikembalikan kepada penyumbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dana yang ditawarkan saat itu sejumlah Rp 50 juta yang dibutuhkan untuk pengembangan game, mulai merilis engine permainan dalam platform Flash atau mobil serta pemolesan fitur yang ada. Semula, Jason berharap cara tersebut bisa mendatangkan modal tambahan dalam jumlah yang lebih besar.

"Baru tiga persen yang terkumpul atau senilai Rp 6 juta dengan pendukung tujuh belas orang yang menyumbang dalam nominal yang bervariasi," ujar Jason, Senin (13/8).

Eternal Grace episode 1 adalah sebuah permainan RPG yang dibangun menggunakan engine RPG Maker XP yang digarap sejak tahun 2010 dan rilis 12 Mei 2011.

Menurut Jason, pengerjaan dilakukan di tempat terpisah. Dia berada di Salatiga, Jawa Tengah, karena mengajar sebagai dosen di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, sedangkan teman-teman yang lain tersebar di Jakarta, Bogor, maupun Bandung.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.