Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Square Enix Siap Edarkan "Sleeping Dogs"

Kompas.com - 14/08/2012, 09:19 WIB

KOMPAS.com - Empat belas Agustus menjadi tanggal yang ditunggu oleh gamer di Amerika Serikat karena mereka akhirnya bisa memainkan game "Sleeping Dogs" buatan United Front Games dan diedarkan oleh Square Enix.

Judul ini sudah mengundang perbincangan maupun rasa penasaran karena konten yang kaya aksi, seolah menempatkan pemainnya dalam sebuah film laga Hong Kong bertemakan mafia, polisi menyamar, dan kawasan Pecinan.

Menurut keterangan resmi di situsnya, Sleeping Dogs bakal diluncurkan di Amerika Serikat pada 14 Agustus, di Australia pada 16 Agustus dan 17 Agustus di Eropa.

Berdasarkan keterangan di situs resminya, game ini mereka gambarkan sebagai paduan dari balapan, pertarungan jarak dekat, adu tembak, dengan setting Hong Kong.

Sleeping Dogs mengisahkan perwira polisi Wei Shen yang menyamar ke dalam organisasi kriminal, Triad, demi memburu satu faksi yakni Sun On Yee.

Sebagai pemuda blasteran China-Amerika, Shen dengan mudah melebur ke dalam organisasi tersebut tapi di sana dia juga gamang dengan posisi maupun kesetiaan yang harus diberikan, kepada Triad atau kepada kepolisian.

Game yang ber-setting di Hong Kong ini akan membawa pemain untuk seolah berada di dalamnya dengan suasana yang semirip mungkin seperti gang-gang sempit hingga papan iklan yang berjejalan khas pecinan. Setting ini belum pernah dijajal game ber-genre "sandbox" sebelumnya seperti Grand Theft Auto.

Konflik yang ditawarkan dalam game ini seolah menempatkan pemain dalam film laga Hong Kong.

Bertemakan polisi yang menyamar ke dalam organisasi kriminal, berupaya membuktikan diri dengan berbuat kejahatan hingga nyawanya terancam sewaktu penyamarannya terbongkar.

Tema seperti ini bisa ditemui dalam film semacam "The Departed" atau "Infernal Affairs."

Dari sisi permainan, Sleeping Dogs menggabungkan berbagai aspek seperti mengemudi sekaligus adu tembak di jalanan. Untuk bagian aksi, ada dua sesi yang bisa digabungkan yakni adu tembak hingga pertarungan jarak dekat.

Pertarungan jarak dekat merupakan fitur yang banyak dibicarakan karena banyaknya improvisasi yang bisa dilakukan. Pemain bisa melempar lawannya ke dalam kap mobil yang terbuka kemudian menjepit kepalanya. Adegan kekerasan dalam game ini relatif vulgar untuk memperkuat fitur aksinya.

Sewaktu mengemudi, pemain bisa melompat ke mobil lain dan merebut kendalinya. Fitur ini bernama Action Hijack yang berguna dalam misi-misi tertentu.

Semula ditawarkan untuk konsol Xbox 360 dan Playstation 3, pengembang United Front Games juga memastikan game ini bakal di-port untuk PC. Namun, bukan hanya itu saja, mereka menjanjikan untuk mendongkrak fitur grafis bagi pemilik komputer spesifikasi premium.

Nyaris dibatalkan

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com