Kompas.com - 13/08/2012, 22:18 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap menjelang hari raya Idul Fitri PT Kereta Api Indonesia mengerahkan kereta tambahan Lebaran untuk mengantisipasi tingginya permintaan. Tahun ini, keseluruhan kereta tambahan Lebaran yang dioperasikan PT KAI mampu mengangkut 9.246 pemudik dalam satu kali keberangkatan.

Hal itu disampaikan Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta Mateta Rijalulhaq, Senin (13/8/2012), di stasiun Pasar Senen.

Mateta mengatakan, awalnya PT KAI mengerahkan 11 kereta tambahan Lebaran. Dengan demikian total perjalanan meningkat dari 48 menjadi 59 perjalanan per hari. "Daya angkut ke-11 kereta tambahan Lebaran itu mencapai 6.942 pemudik," kata Mateta.

Melihat animo masyarakat menggunakan kereta api tetap tinggi, PT KAI kemudian menambah tiga kereta tambahan Lebaran, yakni KA ekonomi AC Tawangjaya Semarang Tawang-Pasar Senen, Jakarta pp, KA Matarmaja AC Malang-Pasar Senen Jakarta pp, dan dua set kereta rel diesel elektrik (KRDE) AC produksi PT INKA Madiun jurusan Tegal-Cirebon-Tanjungpriok pp.

Masing-masing kereta itu mampu mengangkut 768 pemudik dalam sekali keberangkatan. Selain kereta tambahan Lebaran yang dioperasikan oleh Daop I, ada juga KRDE AC Surabaya-Madiun pp, KRDE Surabaya-Blitar pp, dan KRDE AC, Maguwo Ekspress jurusan Purwokerto-Kutoarjo pp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.