Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik yang Turun di Stasiun Cirebon Masih Sepi

Kompas.com - 13/08/2012, 22:02 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Pada H-6 Lebaran 2012, Senin (13/8/2012) hari ini, jumlah pemudik dengan menggunakan jasa kereta api yang turun di Stasiun Kejaksan Cirebon, Jawa Barat masih sepi pemudik.

Belum terlihat adanya lonjakan jumlah pemudik terutama dengan menggunakan rangkaian KA Cirebon Express.

Dari data jumlah penumpang yang kami dapatkan dari Posko Informasi Stasiun Kejaksan Cirebon, sepanjang H-7 kemarin sekitar 1.339 pemudik turun di Stasiun Kejaksan Cirebon, Jawa Barat dari 5 kedatangan rangkaian KA Cirebon Ekspress.

Dari jumlah seluruh penumpang di atas menunjukkan baru sekitar 60 persen okupansi penumpang Kereta Api Cirebon Ekspress dari 5 kedatangan rangkaian kereta, di mana jika tingkat okupansi penuh dari 5 kedatangan kereta akan terisi 2.220 penumpang.

Sementara sepanjang pantauan di Stasiun Kejaksan Cirebon siang ini, sejumlah kereta api eksekutif dari Jakarta yang berhenti di Stasiun Cirebon juga masih sepi penumpang. Seperti rangkaian KA Argo Bromo Anggrek yang berangkat Pukul 09.30 dari Stasiun Gambir tujuan Pasar Turi Surabaya yang tiba di Stasiun Cirebon pukul 12.00 WIB terlihat hanya separo bangku terisi.

Suratman, Petugas Kereta Api Argo Bromo Anggrek, menuturkan dari 7 rangkaian kereta yang ada hanya terisi 146 penumpang di mana seharusnya berisi 350 penumpang.

"Untuk rangkaian Argo Anggrek yang berangkat dari Gambir jam 09.30 pagi ini, hanya terisi 146 penumpang saja dari jumlah total tempat duduk yang berjumlah 350," tuturnya.

Kemudian untuk rangkaian kereta api arah Jakarta seperti Argo Muria Jurusan Semarang-Gambir yang tiba di Cirebon pukul 13.20 WIB dan Kereta Api Fajar Utama Jurusan Jogja - Stasiun Senen yang tiba di Cirebon pukul 13.40 WIB rata-rata hanya terisi 30 persen penumpang saja.(Radio Sonora/Jumar Sudiyana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com