Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Persiapan Mudik Dioptimalkan

Kompas.com - 13/08/2012, 22:01 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk keamanan perjalanan saat arus mudik maupun arus balik, Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta untuk mempersiapkan dengan baik penyelenggaraan angkutan Lebaran, baik darat, laut maupun udara, serta pelayanan pos dan telekomunikasi bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik ke daerah asal.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar uji kelaikan kendaraan yang digunakan untuk mudik dilakukan seketat mungkin. Hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan saat perjalanan.

Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada Kepala Terminal, Kepala Stasiun dan Kepala Pelabuhan agar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan tes urine para pengemudi, sehingga mereka tetap bebas narkoba, dan tidak mabuk dalam menjalankan tugasnya.

"Angkutan Lebaran ini harus diawasi dengan ketat. Begitu pula dengan para sopir yang mengemudikannya. Mereka harus dalam kondisi prima, tidak mengonsumsi narkoba atau minuman keras," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, saat Apel Siaga Kesiapan Arus Mudik dan Arus Balik Idul Fitri 1433 Hijriah di Monas, Jakarta, Senin (13/8/2012).

Ia juga menginstruksikan pada tiap instansi untuk melakukan perlindungan konsumen dan pengamanan penjualan tiket untuk arus mudik maupun arus balik. Untuk memastikan hal ini, ia akan berkeliling dan memantau langsung bahwa tiket yang sudah habis tersebut benar dijual habis langsung ke konsumen, atau dikuasai pihak-pihak tertentu.

"Saya akan cek ke lapangan. Jangan sampai ada konsumen atau para pemudik yang dirugikan akibat ulah semacam ini," ujar Foke.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com