Kompas.com - 13/08/2012, 20:12 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Jakarta diimbau tidak mudik menggunakan sepeda motor. Namun jika terpaksa, pemudik bermotor diminta tidak melebihi kapasitas muatan.

Kepolisian Daerah Metro Jaya akan mengutamakan cara persuasif untuk menurunkan warga yang mudik menggunakan sepeda motor dan melebihi kapasitas. Jika pemudik tidak mengindahkan imbauan kepolisian, maka akan langsung dikenakan tilang.

"Ini untuk keselamatan semuanya. Kalau tidak mau juga bisa kami tilang. Tapi kami mengutamakan cara persuasif dulu untuk memindahkan penumpang ke bus yang sudah disediakan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/8/2012).

Sigit mengatakan, pihaknya akan mengawasi pemudik motor di dua titik pemeriksaan (check point) yakni di Citra Raya, Tangerang dan Kedung Waringin, Bekasi. Dua check point itu berbatasan dengan Karawang, Jawa Barat dan di Balaraja, Kabupaten Tangerang yang berbatasan dengan Serang, Banten.

"Di check point nanti kami akan mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua yang berlebihan muatan untuk menurunkan penumpangnya," kata Sigit.

Dijelaskannya bahwa kepolisian menyediakan bus gratis bagi para pemudik motor yang berlebih kapasitasnya. Sebanyak 15 bus disiagakan di dua check point tersebut sejak H-5 hari raya Idul Fitri.

"Jadi nantinya, satu keluarga. Jadi kalau ada bapak, ibu, dan anak-anak, kita arahkan agar ibu dan anak-anaknya naik bus yang sudah disediakan, biar bapaknya saja yang mengendarai motor, nanti mereka bertemu di terminal di tujuan masing-masing," ucap Sigit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.