Sudah Yakin Rumah Anda Aman Ditinggal Mudik?

Kompas.com - 13/08/2012, 12:05 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mencatat, aksi perampokan rumah kosong yang terjadi selama masa Operasi Ketupat Jaya 2011 berjumlah 187 kasus. Jumlah ini meningkat 7 persen dibandingkan Operasi Ketupat Jaya 2010, yakni 17 kasus.

Memang, walaupun pada temuan Polda tersebut belum ada data pasti mengenai angka kejahatan di tahun ini, khususnya kejahatan perampokan rumah, apakah Anda sudah yakin rumah Anda aman dari perampokan? Sementara hari raya Idul Fitri semakin dekat.

Mungkin, saat ini Anda telah mempersiapkan perjalanan menuju kampung halaman. Untuk itu, ada baiknya hindarkan diri Anda dan keluarga dari beban pikiran selama berlebaran di kampung halaman nanti.

Berikut beberapa kiat yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukan, dipersiapkan, dan dicek kembali di rumah Anda sebelum Anda berangkat mudik.

Lama perjalanan

Pertama-tama, pastikan lamanya Anda akan melakukan perjalanan. Jika hanya melakukan perjalanan selama dua sampai tiga hari, langkah yang sebaiknya Anda ambil akan berbeda dengan perjalanan selama satu bulan.

Rumah sepi

Perhatikan, bahwa orang-orang asing dapat "memetakan" rumah mana yang selalu sepi, memiliki lampu selalu menyala, atau memiliki koran yang menumpuk di depan rumah. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memberhentikan langganan koran atau majalah Anda sementara waktu.

Sistem pengaman

Ada banyak jenis sistem pengamanan rumah yang dapat pasang di rumah Anda, mulai menyewa keamanan pribadi atau satpam sampai mengadopsi sistem alarm otomatis, jika ada bagian rumah yang dibuka secara paksa.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.