Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Tiket KA Harus Sesuai Identitas

Kompas.com - 12/08/2012, 12:50 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com- Prosedur menumpang kereta api ditertibkan mulai hari ini, Minggu (12/8/2012). Identitas penumpang harus sesuai dengan tiket yang dibeli. Jika tidak, penumpang yang bersangkutan tidak dapat masuk peron atau diturunkan paksa apabila sudah berada di kereta.

"Ketentuan ini berlaku khusus kereta api jarak jauh (ekonomi, bisnis, dan eksekutif), dan tiket dicetak setelah 1 Juli 2012," kata Kepala Humas PT KA Daop 8 Surabaya Sri Winarto.

Ketentuan ini tidak berlaku bagi kereta komuter atau kereta jarak dekat karena tiket biasanya dibeli pada hari H. Dengan ketentuan ini, sebelum masuk peron, setiap penumpang akan diperiksa. Jika nama yang tertera dalam tiket sudah sesuai dengan nama calon penumpang, tiket tersebut diberi stempel "sesuai identitas" atau "telah diperiksa".

Sementara penumpang dengan kebutuhan khusus yang memerlukan pendampingan, maka pengantar atau penjemputnya boleh masuk ke stasiun dengan memakai kartu tanda pengenal khusus. Namun, apabila penumpang dengan tiket yang tidak sesuai identitas lolos sampai ke dalam kereta, kondektur di dalam kereta akan menurunkan penumpang tersebut di stasiun terdekat.

Winarto mengatakan, kebijakan ini diterapkan untuk menghindari percaloan maupun pemalsuan tiket. "Menumpang kereta api pun akan lebih nyaman. Kebijakan ini akan diterapkan untuk seterusnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com