Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Pemudik Sudah Terasa di Kampung Rambutan

Kompas.com - 11/08/2012, 11:42 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang mudik Lebaran 1433 H, peningkatan arus mudik di Terminal Kampung Rambutan sudah mulai terasa Sabtu ini. Namun, jumlah pemudik yang lebih signifkan diprediksi akan mulai terjadi pada Minggu (12/8/2012) besok, yakni H-7.

"Hari ini sudah mulai terasa, tetapi bukan lonjakan. Kalau peningkatan yang signifikan baru terasa H-7 nanti, hari Minggu. Tetapi, itu frekuensinya masih sangat kecil," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Dwi Basuki kepada Kompas, Sabtu (11/8/2012).

Menurutnya, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan terjadi pada H-4 dan H-3. Untuk hari ini (H-8), situasi di Terminal Kampung Rambutan, peningkatan sudah mulai terasa, tetapi belum begitu signifikan.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus pemudik, Basuki mengatakan pihaknya, sudah mengantisipasi dan mempersiapkan pelayanan bagi pemudik. Di antaranya pengecekan kelaikan kendaraan angkutan mudik, pengecekan kesehatan pengemudi, serta pos keamanan dan pos kesehatan.

Basuki juga mengatakan, jumlah bus angkutan Lebaran juga akan mengalami peningkatan dari situasi normalnya. "Kalau normalnya kan sekitar 500-600, tapi untuk Lebaran ini nanti ada 700-800 bus," ujar Basuki.

Sementara itu, dari data yang diperoleh di Terminal Kampung Rambutan pada Kamis (9/8/2012) kemarin, ada 481 bus yang diberangkatkan dengan 2.191 penumpang. Untuk bus yang masuk atau tiba di terminal ada 472 bus, dengan 5.058 penumpang yang tiba.

Lalu pada Jumat (10/8/2012), jumlah ini meningkat. Terdapat 500 bus yang diberangkatkan dengan 4.048 penumpang. Sedangkan bus yang tiba ada 482 bus, dengan 5.345 penumpang yang datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com