Kompas.com - 11/08/2012, 11:42 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang mudik Lebaran 1433 H, peningkatan arus mudik di Terminal Kampung Rambutan sudah mulai terasa Sabtu ini. Namun, jumlah pemudik yang lebih signifkan diprediksi akan mulai terjadi pada Minggu (12/8/2012) besok, yakni H-7.

"Hari ini sudah mulai terasa, tetapi bukan lonjakan. Kalau peningkatan yang signifikan baru terasa H-7 nanti, hari Minggu. Tetapi, itu frekuensinya masih sangat kecil," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Dwi Basuki kepada Kompas, Sabtu (11/8/2012).

Menurutnya, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan terjadi pada H-4 dan H-3. Untuk hari ini (H-8), situasi di Terminal Kampung Rambutan, peningkatan sudah mulai terasa, tetapi belum begitu signifikan.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus pemudik, Basuki mengatakan pihaknya, sudah mengantisipasi dan mempersiapkan pelayanan bagi pemudik. Di antaranya pengecekan kelaikan kendaraan angkutan mudik, pengecekan kesehatan pengemudi, serta pos keamanan dan pos kesehatan.

Basuki juga mengatakan, jumlah bus angkutan Lebaran juga akan mengalami peningkatan dari situasi normalnya. "Kalau normalnya kan sekitar 500-600, tapi untuk Lebaran ini nanti ada 700-800 bus," ujar Basuki.

Sementara itu, dari data yang diperoleh di Terminal Kampung Rambutan pada Kamis (9/8/2012) kemarin, ada 481 bus yang diberangkatkan dengan 2.191 penumpang. Untuk bus yang masuk atau tiba di terminal ada 472 bus, dengan 5.058 penumpang yang tiba.

Lalu pada Jumat (10/8/2012), jumlah ini meningkat. Terdapat 500 bus yang diberangkatkan dengan 4.048 penumpang. Sedangkan bus yang tiba ada 482 bus, dengan 5.345 penumpang yang datang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.