Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Rohingya Segera Kembali ke Rumah

Kompas.com - 10/08/2012, 23:20 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

NAYPYITAW, KOMPAS.com Sejak konflik Rohingya pecah pada Juni lalu, hingga saat ini masih ada 60.000 pengungsi yang ada di kamp, terutama di Sittwe, ibu kota Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Mereka kesulitan pangan, pakaian, dan obat-obatan.

Asisten Sekjen OKI, Atta El-Manan Bakhit, dalam pertemuan dengan Menteri Kesejahteraan Sosial, Penanggulangan Bencana dan Permukiman Kembali Myanmar, Aung Kyi, menanyakan kondisi pengungsi Rohingya. Ia menanyakan bagaimana penanganan mereka. 

Konflik komunal dan sektarian itu telah menyebabkan lebih dari 100.000 orang terkena dampak.

Menurut Kyi, penanganan terhadap pengungsi itu terus dilakukan. Bantuan internasional, antara lain melalui badan bantuan PBB, sudah mulai berdatangan.

Menurut Kyi, para korban kekerasan yang masih mendiami tenda-tenda di Sittwe, dan kota lain, yakni Maungdaw, akan segera dipulangkan ke rumah mereka.

"Mereka secepatnya akan diajak pulang kembali ke rumahnya. Situasi sudah aman," kata Kyi.

Rencana bantuan kemanusiaan dan pendampingan sosial akan terus dilakukan hingga Desember 2012. Prioritasnya adalah bantuan pangan, pendidikan, kesehatan, nutrisi, perlindungan, tempat tinggal, dan juga sarana air bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com