Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngabuburit ala ABG Demak, Berwisata Hati dengan Puisi

Kompas.com - 10/08/2012, 18:00 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com -- Buka bersama merupakan aktivitas yang selalu ada setiap Ramadhan tiba. Acara bukber tersebut, biasanya diawali dengan ceramah oleh para alim ulama. Tetapi ada yang berbeda dalam acara buka bersama yang diselenggarakan oleh Teater Negara SMK Negeri 1 Sayung, Jumat (10/8/2012), bukan tausiyah sebagai pembuka sebelum bedug maghrib berkumandang, melainkan pembacaan puisi religi.

Selain baca puisi, acara yang dikemas sederhana namun penuh keakraban itu, juga menampilkan pembacaan cerpen dan performance art oleh para anggota teater yang berdiri sejak tahun 2011 ini. Acara buka bersama oleh Teater Negara didukung sepenuhnya oleh kepala SMK N 1 Sayung, dewan guru maupun komite sekolah, dengan harapan acara bisa memecahkan 'kebisuan' kota wali ini dari gerakan kesenian.

Teater Negara di bawah asuhan pelatih Ibrahim 'Bra', ingin membuktikan bahawa meskipun berkecimpung di dunia seni dan hiburan, tetapi tidak menjadikan para personelnya lupa terhadap tuntunan agama. Justru mereka akan memasukkan unsur- unsur agama dan moral di dalam kegiatan kesenian sebagai upaya pelestarian identitas kota wali yang religius.

Menurut Gigis Mohamad Afnan, dengan adanya buka bersama yang diselenggarakan oleh Teater Negara mudah- mudahan mempererat tali silaturahmi di antara sesama anggota teater maupun para dewan guru. "Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini, daripada ngabuburit yang tidak ada tujuannya, mendingan ngabuburit dengan menciptakan puisi sekaligus mendeklamasikannya, insya Alllah lebih bermanfaat," lanjut Gigis sambil tersenyum.

Menciptakan sekaligus mempertunjukkan puisi di hadapan audiens sebagai salah satu acara sebelum menyantap hidangan buka puasa. Tujuannya untuk melatih kreativitas para anggota Teater Negara. Selain itu diharapkan mereka juga lebih bisa menghargai waktu, jangan sampai ngabuburit diisi dengan kegiatan sia- sia seperti melamun, bergosip maupun kebut-kebutan di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com