Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDC: Android 68 Persen, iPhone 17 Persen

Kompas.com - 10/08/2012, 14:39 WIB

KOMPAS.com — Pasar ponsel pintar menjadi arena balap kuda bagi Google dan Apple.

Menurut laporan lembaga riset IDC, pada kuartal ini, Google dengan Android-nya berhasil mencapai angka penjualan 68 persen, empat kali lipat dibandingkan angka penjualan (Apple) iPhone-nya, yakni 17 persen.

IDC menyatakan, jumlah ponsel Android yang terjual di kuartal II tahun ini hampir 105 juta unit, lebih dari dua kali lipat penjualan di kuartal yang sama tahun lalu.

Begitu juga dengan perusahaan kompetitor, Apple menunjukkan kemajuan pesat dengan naiknya angka penjualan hingga 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut analis senior Ramon Llamas, ponsel Android lebih unggul dari segi harga dan desain ketimbang Apple.

Lebih spesifik, penjualan ponsel Android tertinggi diraih oleh Samsung yang menguasai 44 persen penjualan ponsel pintar. Selain Samsung, Google juga bekerja sama dengan 7 vendor ponsel pintar lainnya.

Perlu diketahui, Apple dan Samsung sempat berseteru karena Apple mengklaim Samsung menjiplak desain iPhone. Rencananya, iPhone versi terbaru yakni iPhone 5 akan dirilis bulan depan.

Menurut laporan IDC, penjualan iPhone 4S sejak bulan Oktober tahun lalu masih jauh dari cukup untuk menyaingi penjualan ponsel berbasis sistem operasi Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com