Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Sediakan 29 Peristirahatan bagi Pemudik

Kompas.com - 10/08/2012, 14:30 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang hendak melaksanakan aktivitas mudik Lebaran tahun 2012, jangan khawatir akan mengalami kelelahan. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, bekerjasama dengan sponsor akan membuka 29 tempat peristirahatan dan pelayanan yang tersebar di Tol Jakarta hingga Surabaya.

Direktur Operasi PT. Jasa Marga, Hasanudin mengungkapkan, pengemudi biasanya mengalami kelelahan atau mengantuk saat perjalanan ke kampung halaman. Dalam kondisi demikian, pemudik disarankan untuk segera berhenti di tempat peristirahatan dan pelayanan terdekat.

"Di sana, masyarakat tidak hanya bisa beristirahat sejenak, tapi di beberapa tepat telah disediakan kopi gratis, poliklinik darurat 24 jam gratis," ujarnya dalam konferensi pers yang dilakukan di kantor Jasa Marga, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2012).

Sebanyak 29 tempat peristirahatan dan pelayanan tersebut tersebar di jalan tol Jakarta hingga Surabaya. Di Jakarta-Tangerang terdapat 2 tempat, Jakarta-Cikampek terdapat 9 tempat, Jagorawi terdapat 5 tempat, Purbaleunyi terdapat 7 tempat, Palikanci terdapat 2 tempat, Semarang terdapat 2 tempat dan Surabaya-Gempol terdapat 2 tempat.

Hasanudin melanjutkan, di dalam tempat peristirahatan dan pelayanan tersebut, disediakan juga berbagai fasilitas, antara lain restauran, mushala atau masjid, layanan informasi dan komunikasi, tempat parkir, SPBU dan lainnya.

"Jasa Marga juga telah menjalin kerjasama dengan rumah sakit di sepanjang koridor jalan tol untuk dijadikan sebagai rujukan korban kecelakaan dan antisipasi bantuan bila terjadi kecelakaan dengan banyak korban," lanjutnya.

Dari sisi informasi dan komunikasi, masyarakat juga diberikan berbagai kemudahan untu memperoleh informasi lalu lintas di jalan tol. Jasa Marga memberikan akses Radio Siaran Niaga dan spanduk atau peta resmi dari Dirjen Perhubungan Darat. Informasi juga bisa didapat melalui telefon di Jasa Marga Traffic Information centre (JMTIC) dengan nomor 021-80880123.

"Ini sudah dilengkapi dengan monitor pemantau yang terhubung ke 200 CCTV di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya sampai Medan dan dioperasikan 38 orang karyawan," lanjutnya. (C18-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com