"Left 4 Dead 2" Lebih Kencang di Linux, Ketimbang Windows

Kompas.com - 09/08/2012, 16:33 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Langkah hijrah perusahaan Valve, kreator dari game legendaris Half Life dan Left 4 Dead 2 dari Windows ke Linux ternyata membuahkan hasil yang mengejutkan.

Ketika perusahaan tersebut mengoptimalkan performa game Left 4 Dead 2 untuk Linux, mereka menemukan bahwa game tersebut berjalan lebih baik di platform Linux dengan dukungan OpenGL.

Bahkan, performa yang ditemukan jauh melebihi performa di DirectX pada platform Windows.

Peningkatan performa tersebut diungkapkan melalui sebuah posting di blog resmi tim Valve Linux.

Performa Left 4 Dead 2 pada DirectX (Windows 7) adalah 270 FPS sedangkan pada OpenGL (Linux) mencapai 315 FPS. Penggunaan OpenGL pada Windows 7 juga masih di bawah Linux, yaitu 303.4 FPS.

“Mengapa game kami justru berjalan lebih baik di OpenGL? Kami memperhatikan lebih cermat dan menemukan adanya tambahan waktu proses per batch sebesar beberapa mikrodetik di Direct3D (DirectX),” tulis tim Valve Linux.

Tim Valve Linux terus bekerja dengan Nvidia, AMD, dan Intel untuk lebih meningkatkan kemampuan produknya di Linux.

Hal ini sesuai dengan pernyataan pimpinan Valve, Gabe Newell beberapa waktu lalu yang merasa masa depan perusahaannya suram di bawah Windows 8 dan berusaha keras untuk meningkatkan dukungan pada Linux.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.