Kompas.com - 08/08/2012, 17:00 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi warga yang ingin melakukan tradisi mudik Lebaran melalui jalur darat terutama bus, jangan khawatir kekurangan armada.

Pihak Terminal Luar Kota Kampung Rambutan, menyediakan bus cadangan untuk melayani para pemudik agar sampai di kampung halaman masing-masing.

Kepala Terminal Luar Kota Kampung Rambutan, Dwi Basuki mengungkapkan, pihaknya memiliki prediksi, H-3 dan H-4 merupakan puncak arus mudik dari Jakarta ke luar daerah, terutama wilayah Jawa dan Sumatera. Penambahan armada tersebut untuk mengantisipasi pemudik yang menumpuk di terminal.

"Kalau sudah H-3 dan H-4 kalau kurang kita kontak ke posko pusat Dishub, nanti ada bus cadangan, jumlah armada sesuai dengan kebutuhan saja," ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (8/8/2012).

Kebijakan penambahan armada cadangan tersebut merupakan imbas dari salah satu peraturan PT. KAI yang menyebutkan, tidak boleh ada penumpang kereta yang berdiri. Oleh sebab itu, pihaknya mengantisipasi para penumpang kereta api yang pindah ke moda transportasi bus.

"Ada kebijakan penumpang kereta enggak boleh berdiri, kita akan antisipasi itu. Kita intinya memberikan pelayanan yang baik saja kepada penumpang supaya mereka bisa mudik dengan aman dan nyaman," lanjutnya.

Terminal Luar Kota Kampung Rambutan sendiri, memiliki luas 8 hektar. Di dalamnya, terdapat 40 Perusahaan Otobus (PO) yang siap melayani rute perjalanan mudik ke wilayah Jawa dan Sumatera.

Pembelian tiket di terminal tersebut pun tergolong mudah karena masing-masing PO memiliki loket yang aman dari para calo. Pihaknya berharap, terminal yang menurut data Dishub memiliki tingkat kriminalitas 0 persen itu menjadi tempat yang aman bagi aktivitas para pemudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.