Kompas.com - 07/08/2012, 21:46 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan otobus (PO) yang ada terminal di Kampung Rambutan, Jakarta Timur, menyiapkan bus hingga dua kali lebih banyak dari kondisi normal, menjelang mudik Lebaran tahun ini. Diharapkan, semua pemudik terangkut dan tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal.

Penanggung Jawab Lapangan PO Sinar Jaya Hanafi, Selasa (7/8/2012) di Jakarta, mengatakan, pada hari biasa jumlah bus Sinar Jaya yang beroperasi di Kampung Rambutan sebanyak 25 kendaraan. Menghadapi musim mudik Lebaran kali ini, jumlahnya ditambah hingga 50 unit bus.

Hanafi menambahkan, pada hari biasa jumlah penumpang yang terangkut Sinar Jaya sekitar 700 orang sehari. Pada saat mudik, jumlahnya bisa meningkat menjadi 2.000 penumpang per hari.

Kondisi yang sama terjadi juga pada PO Budiman yang melayani rute ke Tasikmalaya dan Banjar, Jawa Barat. Pengurus PO Budiman di terminal Kampung Rambutan, Asep Kancil, menyampaikan, jumlah bus yang disiapkan untuk melayani pemudik tahun ini mencapai 50 bus.

"Bus jurusan Tasikmalaya sebanyak 35 unit dan bus ke Banjar 15 unit," ujarnya.

Dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, bus Sinar Jaya melayani rute ke kota-kota di Jawa Tengah seperti Tegal dan Purwokerto melalui jalur pantai utara. Sementara Budiman dari Kampung Rambutan melayani jurusan Tasikmalaya dan Banjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.