Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Akan Luncurkan KA Tegal Ekspres

Kompas.com - 06/08/2012, 09:48 WIB

TEGAL, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan Kereta Api Tegal Ekspres jurusan Tegal-Semarang dan Semarang-Tegal mulai 10 Agustus. Kereta api kelas ekonomi tersebut akan berangkat dari Stasiun Besar Tegal, Jawa Tengah, pukul 09.45 dan pukul 17.00, serta berangkat dari Stasiun Poncol, Semarang, pukul 06.00 dan pukul 13.00.

Wakil Kepala Stasiun Besar Tegal Hary Supriyono, Minggu (5/8/2012), mengatakan, KA Tegal Ekspres terdiri atas lima kereta penumpang berkapasitas 530 orang, satu kereta makan, dan kereta pembangkit. Selama ini, masyarakat yang melakukan perjalanan dari Tegal ke Semarang melalui Stasiun Besar Tegal sekitar 600 orang per hari. Mereka dilayani KA Kaligung Mas dan KA Kaligung Bisnis.

Sementara itu, Pemprov Kalimantan Tengah menandatangani kesepakatan bersama dengan PT KAI, Jumat (3/8/2012) malam. Kesepakatan itu tentang perencanaan pembangunan prasarana kereta api di wilayah barat Kalteng. Menurut Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, jalur KA akan dibangun mulai Kuala Kurun melewati Tumbang Samba, Kabupaten Sampit, Bagendang, hingga berakhir di Pelabuhan Teluk Sigintung. Pemprov Kalteng meminta PT KAI melakukan perencanaan prasarana kereta api.

”Kami akan memberikan akses kepada PT KAI mengenai informasi yang dibutuhkan, termasuk memfasilitasi pertemuan dengan pemangku kepentingan,” jelas Teras. Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan, pelaksanaan kerja sama didahului dengan melibatkan sejumlah konsultan bidang teknik, hukum, finansial, lingkungan hidup, dan sosial, yang diteruskan dengan analisis proyek. (WIE/BAY)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com