Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi untuk Rohingya, Massa HTI Kelilingi Tugu Pahlawan

Kompas.com - 04/08/2012, 16:54 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Aksi solidaritas untuk warga muslim Rohingnya terus digelorakan oleh ormas-ormas Islam Indonesia. Di Surabaya, ratusan massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menggelar aksi dengan berdiri mengelilingi monumen Tugu Pahlawan, Sabtu (4/8/2012).

Selain membawa poster berisi kecaman terhadap aksi pengusiran dan pembantaian umat muslim Rohingnya di Burma, massa yang terdiri dari laki-laki, perempuan bahkan anak-anak ini berteriak mengumandangkan takbir di tengah teriknya panas matahari dalam keadaan berpuasa.

''Yang masih mau bergabung silakan, ini aksi solidaritas bagi saudara kita sesama muslim di Burma,'' kata Ketua DPD HTI Surabaya Fikri A Zudiar.

Dalam aksinya, massa HTI mendesak pemerintah Indonesia sebagai ketua ASEAN untuk bertindak agar kekejaman terhadap muslim Rohingya tidak terus berlanjut. ''Jika ada imigran asal Rohingnya tiba di wilayah Indonesia, pemerintah harus memberikan perlindungan semestinya,'' tegasnya.

Kata Fikri, akibat konflik di Rohingya Juni lalu, jumlah muslim yang tewas mencapai 20 ribu orang. Sementara ratusan ribu terpaksa mengungsi ke sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand dan Bangladesh, namun belum ada negara ketiga yang berani menerima mereka secara permanen.

Aksi yang sempat memacetkan lalu lintas di Jalan Pahlawan Surabaya itu juga diwarnai dengan teatrikal yang menggambarkan kedamaian umat Rohingya saat masih berada di naungan Daulah Khilafah. Namun, kondisi itu berubah ketika rezim Myanmar beserta ekstrimisnya muncul dan melakukan serangkaian diskriminasi hingga pembantaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com