Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2012, 15:25 WIB

KOMPAS.com - Empat desainer anggota Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), menampilkan koleksi terbarunya, memberikan inspirasi busana muslim di kegiatan Ramadhan Grand Indonesia Shopping Town, Eksobatika.

Lebih dari 20 set busana muslim ditampilkan sesuai ciri khas desainer. Meski begitu, busana muslim multigaya menonjol dari peragaan busana muslim APPMI di Eksobatika ini. Para desainer APPMI ini tampil untuk memberikan pilihan busana muslim yang lebih variatif.

Label busana muslim modern Up2Date, serta koleksi busana muslim rancangan Hannie Hananto memberikan pilihan lain dari busana muslim yang tiga tahun terakhir didominasi kaftan. Sementara, Monika Jufry dan Najua Yanti, memberikan inspirasi busana muslim yang bisa dipakai menjadi lebih dari satu gaya.

Menurut Hannie, tiga tahun belakangan pilihan busana muslim selalu kembali kepada kaftan. Boleh jadi, cutting all-size pada kaftan yang memungkinkan dipakai oleh perempuan dengan berbagai ukuran tubuh menjadi penyebabnya. Selain juga, selera berbusana yang senang menonjolkan detil bling-bling pada kaftan.

Untuk memberikan pilihan gaya yang berbeda, koleksi busana muslim glam label Anemone ditampilkan Hannie dalam pagelaran busana bertema Glamourette di Eksobatika. Hannie sengaja merancang koleksi baru untuk pilihan gaya ber-Lebaran pada 2012 ini.

Konsep busana muslim glam dipilih Hannie, dengan menggunakan bahan glitter dan shinny. Pilihan warna pun cenderung berani seperti merah, silver dan biru.
hannie
Bagi Anda yang suka tampil beda dan menonjolkan kemewahan, busana muslim rancangan Hannie sengaja diciptakan dengan full payet untuk memberikan kesan mewah. Kemewahan inilah yang ditonjolkan Hannie dalam koleksi busananya. Sebagai penyeimbang, konsep cutting busana muslim rancangan Hannie cenderung simpel, kembali kepada gaya busana muslim dasar yakni gamis.

Sementara Monika Jufry memberikan pilihan lain bergaya dengan busana muslim. Praktis, nyaman, dan simpel menjadi ciri khasnya dalam merancang juga memakai busana muslim.

Kali ini Monika menampilkan koleksi batik berbahan katun dan busana muslim dari bahan kaos, dengan desain multigaya. Baginya, berbusana muslim dengan banyak gaya dari satu busana dapat memberikan solusi bagi perempuan berhijab. Terutama bagi mereka yang senang berkreasi dengan busananya.

Melalui label 2Pose, Monika menawarkan gaya busana yang menonjolkan kesan kasual dan praktis. Pesannya, perempuan berhijab bisa tampil gaya tanpa harus punya banyak baju. Ia juga ingin mengajak perempuan berhijab yang menyukai gaya kasual untuk berkreasi dengan busana muslim.

Koleksi batik dari bahan katun juga ditampilkan, memberikan pilihan gaya penampilan etnik namun modern. Di tangan Monika, batik berpadu cantik dengan kaos baik sebagai aksen juga sebagai rok yang sepintas terlihat seperti kain. Ia juga merancang jumpsuit batik yang bisa dipadupadankan dengan kaos dengan cutting loose dan layer. Mengkreasikan busana dengan memadukan warna cerah dan natural menjadi pesan lain yang disampaikan monika melalui busana muslim berlabel 2Pose ini.
monika-jufry
"Batik bisa dipakai sebagai busana yang tidak monoton, busana muslim berbahan kaos juga bisa dikreasikan menjadi berbagai gaya, namun tetap praktis. Karena padu padan memang sudah menjadi gaya berbusana namun kepraktisan tetap menjadi perhatian utamanya," tutur Monika kepada Kompas Female sebelum pagelaran busana Eksobatika di East Mall Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (3/8/2012).

Ia menambahkan, busana muslim rancangannya mewakili gaya kasual juga etnik yang modern untuk perempuan dewasa.

Sementara, Najua Yanti menampilkan gaya busana muslim yang tak kalah kreatifnya. Multigaya kembali menjadi konsep utamanya. Satu potong busana bisa dipakai menjadi 2-3 gaya. Tak hanya itu, keterampilan padu padan terusan panjang dengan atasan berpotongan pendek juga menjadi tantangan bagi Najua dalam merancang busana.

Koleksi BellaBaric yang bermakna cantik dan berkah memberikan pilihan lain berbusana muslim untuk Lebaran nanti dari Najua Yanti.

Edukasi mengenai pemakaian busana muslim dengan konsep padu padan memang masih perlu terus digalakkan. Untuk itulah Monika dan Najua tampil dalam pagelaran busana Eksobatika, memberikan pilihan juga mengedukasi publik, bahwa busana muslim bisa diaplikasikan dengan cara kreatif dan tetap patuh pada kaidah.

Koleksi empat desainer APPMI ini bisa didapatkan di area pameran Eksobatika Grand Indonesia East Mall, berlangsung hingga 26 Agustus 2012. Harganya pun bervariasi mulai Rp 50.000 untuk kerudung, dan sekitar Rp 250.000 hingga Rp 900.000 untuk busana muslim kasual.

FOTO-FOTO: VITALIS YOGI TRISNA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com