Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengar Bacaan Imam Istiqlal, Air Mata Saya Tiba-tiba Keluar

Kompas.com - 02/08/2012, 13:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemegahan Masjid Istiqlal selalu membuat orang takjub. Tak sedikit warga negara asing dari berbagai negara datang berkunjung.

Tiap hari ada saja turis datang ke masjid yang pernah dikunjungi Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama. Saat itu, Obama dan istrinya dipandu Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Yaqub untuk berkeliling di sekitar masjid.

Saat bulan Ramadhan, pengunjung Masjid Istiqlal bertambah banyak. Para jamaah yang datang bukan saja dari kota Jakarta dan sekitarnya, tapi juga dari daerah lain. Mereka mengemukakan beragam alasan soal mengapa memilih mengunjungi Masjid Istiqlal ketimbang masjid lainnya yang juga tak kalah megah.

Siti Anah (52), warga Kopo Maja, Banten, misalnya. Hampir setiap Ramadhan, ibu lima anak ini mengunjungi Masjid Istiqlal. Baginya, Masjid Istiqlal memberikan kesenangan batin.

Sementara itu, Fatimah yang tinggal di Jakarta ini mengaku, sebelum cinta pada Istiqlal, ia pernah di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, dan Masjid Sunda Kelapa, Menteng. Bahkan, di Sunda Kelapa, Fatimah pernah dipercaya menjadi panitia kegiatan selama dua tahun karena seringnya beritikaf di sana. Sama seperti Anah, ada alasan sendiri kenapa ia datang ke Istiqlal.

"Ini kan pengalaman pribadi saya ya. Pertama, suasana di Masjid Istiqlal ada yang menarik. Saya takjub saja. Semua isi pengajian yang diberikan dari imam dan penceramah benar-benar masuk ke hati saya. Kita punya prinsip, mencari ceramah yang bagus dan yang jelek dibuang. Bukan itu saja, ceramah dan pengajian di sini cukup mencerahkan buat saya," ungkapnya.

Hal lain yang membuatnya betah beritikaf Ramadhan di Istiqlal adalah lantunan ayat suci Al Quran ketika shalat Tarawih. Lantunan ayat suci ini tak kalah dengan yang dibaca imam-imam masjid besar lainnya.

"Saya sering mendengar bacaan Imam di sini, tiba-tiba keluar air mata. Meski saya akui, tidak mengerti apa makna ayat yang dibaca imam. Di sini, saya biasa menetap sampai akhir Ramadhan," katanya lagi.

Lain Fatimah lain pula Yoni. Perempuan asal Bogor, Jawa Barat, mengaku terpanggil untuk berkunjung ke Masjid Istiqlal.

"Ada panggilan dari Allah saya ke sini. Saya sering dikasih petunjuk sama Allah kalau ada kejadian. Cita-cita saya mau ke Mekkah. Saya mau berkunjung ke makam Nabi Muhammad di Masjid Nabawi. Saya juga berdoa supaya diberi kesehatan dan panjang umur agar bisa kembali ke Istiqlal pada Ramadhan mendatang," harapnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com