Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Targetkan Kunjungan Satu Juta Wisatawan

Kompas.com - 01/08/2012, 19:59 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat harus bekerja keras untuk mengejar target kunjungan wisatawan sebanyak satu juta pada tahun ini. Sampai triwulan pertama tahun 2012, kunjungan wisatawan ke Provinsi NTB baru sekitar 30 persen-40 persen.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar NTB, Wolini, Rabu (1/7/2012) di Mataram, menunjukkan data kunjungan wisatawan selama Januari-April 2012 yang berjumlah 300.685 orang:  Dari jumlah itu, sebanyak 120.278 wisatawan asing dan 180.407 wisatawan dalam negeri. Jumlah kunjungan itu belum termasuk beberapa event nasional seperti Hari Keluarga Nasional dan event MICE dan kujungan individu selama Mei, Juni, Juli dan Agustus ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Budpar NTB, Gita Aryadi, merasa optimistis target jumlah kunjungan wisatawan itu bisa dicapai, karena pihaknya memiliki 90 kegiatan berskala nasional di NTB. Sebagian kegiatan tersebut itu disumbangkan oleh kegiatan pertemuan dan konsferensi.

Sebagai contoh, pada bulan September 2012 dilaksanakan kegiatan Arung Sejarah Bahari VII di Lombok, kemudian Pertemuan Parlemen ASEAN yang diikuti negara-negara di kawasan Asia Tenggara ditambah 11 negara pendukung lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com