Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngabuburit Sambil Menikmati Seni Islami

Kompas.com - 01/08/2012, 14:25 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak hal positif yang bisa dilakukan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, terutama bagi warga masyarakat yang menantikan saat-saat berbuka puasa. Berkaitan dengan bulan yang penuh berkah tersebut Radio Sonora Jakarta, juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan baik on air ataupun off air.

Salah satunya kegiatan bernuansa Islami bertajuk Masjid ke Masjid. Kegiatan menjelang waktu berbuka puasa ini diisi dengan aneka macam acara seperti Lomba Adzan, Kuis Ramadhan, Pertunjukan Kesenian Islami : Marawis, Nasyid, Hadroh dan Tarian Safin.

Banyak hadiah menarik dari Radio Sonora dan Sponsor untuk peserta Lomba Adzan kategori SD dan SMP antara lain voucher belanja buku di Toko Buku Gramedia senilai Rp 600.000 per kategori.

"Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong warga masyarakat sekitar masjid untuk menyambut waktunya berbuka puasa dengan kegiatan-kegiatan positif serta bisa berinteraksi dengan sesama warga, Radio Sonora Jakarta serta sponsor kegiatan," tutur Stephanus K. Wibowo, penanggung jawab kegiatan.

Adapun kegiatan berlangsung masing-masing selama 2 hari berturut-turut di 5 masjid, yaitu: Masjid Jami Al Huda, Batu Ceper, Tangerang, Banten pada tanggal 21 -22 Juli 2012, Masjid Jami Al Mubarak, depan Gedung Perintis Kompas Gramedia di Jl Kebahagiaan, Kota (26-27 Juli 2012), Jami Al Ma'mur Cikini, Jl Raden Saleh (28 - 29 Juli 2012), Jami Al Munawwar, Jl Raya Pasar Minggu (4-5 Agustus 2012), dan Masjid Jami At Taufiq, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat (11-12 Agustus 2012).

Acara di setiap masjid berlangsung mulai Pukul 15.00 hingga sekitar Pukul 17.30 WIB atau setengah jam menjelang kumandang Azan Maghrib, dimana pelaksanaan kegiatan ini, Radio Sonora Jakarta menggunakan OB Van yang telah dimodifikasi menjadi panggung agar efisien.

Cukup pencet 1 - 2 tombol, dan pasang kaki-kaki, maka jadilah panggung mini berukuran sekitar 2 x 3 meter yang cukup untuk menjadi panggung Lomba Adzan dan pertunjukan Marawis dan Hadroh  oleh 8 - 10 pria dewasa.

Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, Radio Sonora sangat terbantu karena pihak pengurus mesjid membantu pendaftaran peserta Lomba Adzan dan menghadirkan kelompok-kelompok kesenian hingga menyosialisasikan kegiatan ke warga masyarakat di sekitar masjid. (Jumar Sudiyana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com