Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Kolut Salurkan Zakat Rp 1,2 Miliar

Kompas.com - 30/07/2012, 16:04 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLUT, KOMPAS.com -- Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara membagikan zakat profesi atau zakat maal kepada 1.330 fakir miskin, 492 siswa berperstasi 142 muallaf, 133 guru mengaji, 100 TK dan 6 pesantren yang semuanya tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara.

Dalam pembagian zakat ini, Pemda Kolut menggelontorkan dana tunai sebesar Rp 1,2 miliar yang berasal dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kolaka Utara. Pembagian zakat tersebut dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu lima hari.

Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud mengungkapkan, dana yang digunakan dalam zakat ini adalah memang merupakan hak kaum miskin. "Uang yang kita bagikan pada yang berhak mendapatkan zakat ini adalah hasil dari potongan 2,5 persen gaji PNS dan zakat haji yang terkumpul selama satu tahun," ungkap Rusda, Senin (30/07/2012).

Bupati Rusa menambahkan, pembagian zakat ini adalah agenda rutin yang di lakukan Pemda Kolaka. Tujuannya untuk mempererat tali silaturhami antara pemerintah dan warga. "(Pembagian zakat, red) kita rangkaikan dengan kegiatan safari Ramadhan agar lebih dekat dengan warga," tambahnya.

Dalam pembagian zakat tahun ini, Bupati Kolaka Utara didampingi sejumlah pejabat pemerintahan Kolut serta wakil Bupati Bobby Alimuddin dan Kapolres Kolaka Utara AKBP Aris El Fatar.

Pembagian zakat tersebut saat ini baru menyentuh Kecamatan Katoi dan ke depannya akan merambah kecamatan lain di Kolut.

Sementara itu salah satu warga penerima zakat, Mammi mengucapkan bersyukur. "Saya senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Kalau yang saya dengar tadi dalam sambutan ternyata ini adalah bagian dari hak kami orang miskin. Saya baru tahu juga kalau ada yang seperti ini. Alhamdulillah," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com