Banyuwangi-Surabaya Jadi Rute Alternatif

Kompas.com - 30/07/2012, 03:00 WIB
Editor

Banyuwangi, Kompas - Menjelang mudik, tiket pesawat dari Banyuwangi ke Surabaya untuk tanggal 15 hingga 18 Agustus habis terjual. Tiket arus balik pun 85 persen sudah dipesan. Jalur udara rute Banyuwangi-Surabaya di Jawa Timur kini menjadi alternatif selain menggunakan kereta api dan bus.

Andi Hendra, Kepala Bandar Udara Blimbingsari, Banyuwangi, mengatakan, tahun ini mudik dari dan ke Banyuwangi bisa dilakukan lewat udara. Penerbangan rute Banyuwangi-Surabaya sejak Mei telah dibuka setiap hari dengan masuknya maskapai penerbangan Merpati Airlines. Pesawat yang digunakan jenis M-60 milik Merpati Airlines itu berkapasitas 56 tempat duduk.

Menurut Andi, sejak Sabtu (28/7) tiket penerbangan untuk tanggal 15-18 Agustus sudah terjual. Bahkan, tiket pesawat untuk tanggal 20 untuk tujuan Surabaya sudah habis.

Dinas Perhubungan di Nusa Tenggara Barat juga berbenah. Mereka menyiapkan berbagai fasilitas pelayanan transportasi guna mengantisipasi arus mudik dan arus balik dalam Lebaran tahun ini yang diperkirakan naik 10 persen dibandingkan hari biasa.

Ridwansyah, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi NTB, menekankan, yang perlu diwaspadai adalah lonjakan penumpang pesawat rute Bandara Internasional Lombok-Cengkareng, dan rute Lombok-Surabaya. Biasanya rute ini cenderung mengalami lonjakan penumpang pada H-3 dan H-4 Lebaran. Saat ini rute dari dan ke Lombok dilayani maskapai Garuda, Lion Air, Batavia, dan Merpati berkapasitas 1.017 kursi sehari.

Rute Lombok-Surabaya dilayani Wings Air, Batavia, Merpati, dan Garuda (1.070 kursi). Jalur Lombok-Bali dilayani Trans Nusa, Merpati, Wings Air, Sky Aviation, dan Garuda (806 kursi).

Untuk transportasi darat disiapkan bus antarkota antarprovinsi sebanyak 111 bus (kapasitas 4.440 kursi) dan antarkabupaten dilayani 99 bus (2.376 kursi). Jumlah itu dinilai lebih dari cukup. Merujuk situasi Lebaran tahun 2011, pada H-3 Lebaran dan H+6 Lebaran jumlah penumpang masing-masing 852 dan 849 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tegal siap

Sementara itu, sekitar 400 bus akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan angkutan Lebaran dari wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Tegal Khaerul Huda mengatakan, jumlah bus yang disiapkan hampir sama dengan Lebaran tahun lalu, yaitu sekitar 400 unit. (NIT/RUL/WIE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.