Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Akan Buat Ring Jatibening

Kompas.com - 27/07/2012, 17:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jasa Marga Tbk akan membuat ring Jatibening, jalur khusus bus untuk menurunkan penumpang di tol Jatibening. Hal itu menyusul kisruh demo pemblokiran tol Jatibening tadi pagi.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menjelaskan, perseroan berkomitmen untuk mengurai kemacetan di tol Jatibening tersebut. Salah satunya dengan membuat jalur khusus sebagai pengganti terminal bayangan di Tol Jatibening.

"Kami tadi berdiskusi dengan Wali Kota Bekasi. Kami sepakat untuk membuat satu jalur untuk bus dari arah Jakarta ke Bekasi, yang harus ke luar ke ring Jatibening sehingga nanti bus bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di sana. Jadi, tidak di tol lagi," kata Adityawarman di Jakarta, Jumat (27/7/2012).

Bus yang sudah keluar jalur ring Jatibening ini tidak dikenakan biaya lagi untuk masuk ke Tol Jatibening. Dengan demikian, Jasa Marga memiliki konsekuensi untuk menambah jalur di arterinya.

Hal ini pun menurut Adityawarman tidak akan melanggar undang-undang karena telah menaikkan dan menurunkan di jalan tol, tetapi bisa dilakukan di jalur arteri tersebut.

"Nanti kita meminta Wali Kota Bekasi untuk membantu menertibkan jalur tersebut," tambahnya.

Sejumlah warga menutup akses Tol Jatibening pagi tadi sebagai protes atas tindakan Jasa Marga menutup akses naik-turun penumpang dengan beton dan pagar besi.

Penutupan akses pintu tol itu berujung pada pembakaran sebuah kendaraan operasional milik PT Jasa Marga Tbk.

Padahal, penutupan akses sebagai bagian dari penertiban kawasan Tol Jatibening untuk kelancaran lalu lintas. Jasa Marga tidak ingin membiarkan pelanggaran terjadi dengan menaikkan dan menurunkan penumpang di sekitar Km 8 ruas Tol Jatibening.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com