Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2012, 15:56 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Program jahat (malware) di Windows memang tidak efektif bekerja pada sistem operasi Mac OS dan iOS dari Apple. Namun, beda ceritanya jika program jahat Windows menyusup ke Apple App Store, yang menjadi pusat belanja aplikasi untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Situs teknologi CNet melaporkan, ditemukan sebuah program jahat berjenis cacing komputer (worm) di Windows, yang menyusup ke App Store. Worm ini disusupi ke dalam aplikasi bernama Instaquotes-Quotes Cards for Instagram, yang dikembangkan oleh Ilyas Hassani asal Maroko.

Menurut situs ComputerWorld, ini bisa jadi masalah bagi para pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch, yang melakukan sinkronisasi akun Apple iTunes di komputer bersistem operasi Windows.

Seorang pengguna perangkat mobile Apple, yang melakukan sinkronisasi dari komputer Windows, mengunduh dua aplikasi, salah satunya adalah Instaquotes-Quotes Cards for Instagram. "Saya mengunduh dua aplikasi dari iTunes, dan salah satunya terinfeksi oleh virus," kata seorang pengguna yang menggunakan nama "deesto".

ComputerWorld mengekstrak arsip aplikasi Instaquotes-Quotes Cards for Instagram, kemudian di-scan menggunakan antivirus Microsoft Security Essentials di komputer Windows 7. Software antivirus ini mendeteksi dan memperingatkan bahwa ada file berisi Win32/VB.CB, yang notabene adalah worm lama.

Menurut situs Microsoft, worm ini muncul pada 2008 dan dikenal dengan nama lain W32.Imaut.AS (oleh Symantec), W32/Autorun.worm.h (McAfee), dan W32/VB-DGA (Sophos).

Microsoft mengatakan bahwa worm ini "mencoba menyebar lewat Yahoo! Messenger."

Proses penyebaran worm dapat dilakukan melalui jaringan internet yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Ada worm yang mencakup kode-kode virus, yang bisa merusak file, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lain yang merusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.