Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Clinton Dorong Komunitas Diaspora Bantu 'Kampung Halaman'

Kompas.com - 26/07/2012, 09:11 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menlu AS Hillary Clinton menyampaikan pidatonya dalam pembukaan “Forum Diaspora Global” Tahunan kedua di Washington hari Rabu (25/7).

Hillary Clinton mengatakan, ia yakin berbagai komunitas diaspora yang tinggal di Amerika dapat membantu menyelesaikan masalah di tanah air mereka, baik dengan melakukan sendiri tugas itu atau bermitra dengan pemerintah Amerika.

Hillary Clinton menyampaikan pidatonya hari Rabu dalam pembukaan “Forum Diaspora Global” Tahunan kedua di Washington. Acara dua hari itu menarik perhatian lebih dari 500 pemimpin komunitas diaspora yang tinggal di Amerika dan para pejabat senior Amerika. Forum tahun ini bertema “Moving Forward by Giving Back” dan memusatkan perhatian pada dua kelompok tersebut, yang bermitra di seluruh dunia.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton memuji saran komunitas diaspora Suriah untuk meningkatkan upaya-upaya Washington membantu pihak oposisi membentuk pemerintah baru. Ia mengatakan warga Suriah di luar negeri menjadi penghubung antara komunitas internasional dan para aktivis oposisi di lapangan.

Ia juga memuji diaspora Suriah yang membantu mengumpulkan bantuan dana dan kemanusiaan bagi warga sipil yang terperangkap dalam aksi kekerasan yang berkecamuk di negara mereka.

Mengingat kembali lawatannya baru-baru ini ke Asia, Hillary Clinton mengatakan ia melihat bagaimana usaha patungan yang menguntungkan dan inovasi nirlaba yang diluncurkan oleh orang Vietnam yang tinggal di Amerika telah ikut mendatangkan layanan dan lapangan kerja yang dibutuhkan tanah air mereka, sejak berakhirnya perang di Vietnam. Ia mengatakan upaya-upaya ini membuat warga Vietnam dan Amerika bersatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com