Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lembar-Padang Bay Dipasok Ferry 1305 GT

Kompas.com - 16/07/2012, 16:03 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jalur penyeberangan Lembar, Bali - Padang Bay, Lombok dipasok satu unit kapal Ferry 1305 Gross Ton. Kapal jenis Rol On Rol Off (Roro) berkapasitas 360 penumpang itu diharapkan mampu membantu meningkatkan distribusi penumpang dan kendaraan saat angkutan lebaran bulan depan.

Kapal yang diberi nama KM Dharma Kartika I itu hari ini resmi diluncurkan oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono di dermaga Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (16/7/2012). Bambang Mengatakan, penambahan armada kapal ferry akan terus dilakukan untuk memperkuat distribusi barang dan manusia dari Sabang sampai Merauke, khususnya menjelang angkutan lebaran tahun ini.

''Armada ini memperkuat sabuk selatan wilayah Bali dan NTB. Ke depan masih banyak lagi rencana penambahan armada tersebut,'' terangnya.

Ketua DPD Gabungan Pengusaha Angkutan Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Provinsi TNB, Ludya Kurniawan mengatakan, saat ini di jalur Lembar - Padang Bay terdapat 18 kapal yang beroperasi dari 23 kapal yang disiapkan. Saat angkutan lebaran, sebanyak 20 kapal diprediksi akan sibuk menampung penumpang manusia maupun kendaraan.

''Karakter penyeberangan Lembar - Padang Bay tidak sama dengan jalur penyeberangan lainnya. Di sana 75 persen penumpang didominasi kendaraan besar, karena itu dibutuhkan kapal yang mampu mengangkut banyak kapal besar,'' pungkasnya.

KM Dharma Kartika I dioperasikan oleh PT Dharma Lautan Utama, memiliki panjang 50,98 meter, panjang garis air 47,5 meter, lebar 12 meter, dan sarat maksimum 2,75 meter ini memiliki kecepatan maksimum 12 knots. Kapal buatan Jepang tahun 1995 ini mengalami beberapa kali proses rekondisi di DLU Maintenance System di PT Adiluhung Sarana Segara Bangkalan. KM Dharma Kartika mampu mengangkut 360 orang penumpang, 21 kendaraan campur, dan 19 ABK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com