Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Catatan Sipil Kolaka Ludes Terbakar

Kompas.com - 16/07/2012, 09:23 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com- Kebakaran hebat melanda kompleks Kantor Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara, Senin (16/7/2012), sekitar pukul 2.30 Wita dini hari tadi. Kantor Catatan Sipil habis dilahap sijago merah, ratusan berkas penting ikut terbakar dalam insiden ini.

Api begitu cepat merembet keruangan lain karena di dalam kantor tersebut terdapat banyaknya bahan yang mudah terbakar. Bahkan sebuah motor sempat meledak dan membuat api semakin membesar. Menurut saksi mata yang bernama Jeki, api pertama kali terlihat di salah satu ruangan yang ada di kantor itu. Setelah itu merembet keruangan lain.

"Saya kan lagi piket sebagai Polisi Pamong Praja, tiba-tiba saya melihat ada percikan api yang muncul. Setelah itu saya hubungi kantor pemadam kebakaran dan memang proses itu sangat cepat sekali. Karena tengah malam, jadi tidak banyak bantuan yang datang, hanya kami-kami saja yang sedang pikat saat ini" katanya, Senin (16/07/2012) kepada Kompas.com.

Dia juga menambahkan tidak lama kemudian dua buah mobil pemadam kebakaran milik pemda langsung datang ke lokasi kebakaran. "Kami memang kewalahan untuk memadamkan api karena sumber air di tempat tersebut cukup jauh dari lokasi itupun kami memakai alat seadanya," tambahnya.

Petugas pemadam kebakaran Pemda Kolaka berhasil memadamkan api sekitar satu jam kemudian. Dalam insiden kebakaran ini terdapat ratusan data penting terkait e-KTP.

Salah satu pegawai Kantor Catatan Sipil membenarkan bahwa salah satu ruangan yang terbakar adalah tempat penyimpangan data e-KTP. "Sebagian ada di kantor, namun sebagian lagi kami sudah kirim ke pusat data. Namun beberapa data penting yang terkait e-KTP ada di situ" ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com