Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota ASEAN Gagal Sepakat

Kompas.com - 14/07/2012, 02:25 WIB

PHNOM PENH, JUMAT - Seperti dikhawatirkan sebelumnya, pertemuan ke-45 antarmenteri luar negeri negara anggota ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, akhirnya gagal menghasilkan dokumen komunike bersama, terutama tentang kode tata berperilaku di Laut China Selatan.

Kegagalan, yang menurut banyak kalangan baru pertama kali terjadi dalam sejarah ASEAN, itu terutama dipicu perpecahan tajam antarnegara anggota ASEAN sendiri, yakni Filipina dan tuan rumah Kamboja.

Mereka berbeda pandangan soal formulasi isi komunike bersama, terutama soal perlu tidaknya memasukkan insiden sengketa wilayah di perairan sekitar Beting Scarborough di Laut China Selatan.

Sekitar sebulan lalu, Filipina dan China sempat beradu tegang di perairan sekitar beting itu. Keduanya sama-sama mengirim kapal demi menunjukkan klaim masing-masing di sana.

”Saya telah meminta komunike bersama tak perlu menyebut sengketa di situ. Namun, ada negara anggota (ASEAN) yang berulang kali ngotot memasukkannya,” ujar Menlu Kamboja Hor Namhong, Jumat (13/7).

Ia menambahkan, dirinya juga telah menegaskan kalau pertemuan antarmenlu ASEAN bukanlah sebuah mekanisme persidangan tempat vonis atas sebuah sengketa diputuskan.

Selama ini China diketahui menentang upaya-upaya ”internasionalisasi” isu sengketa Laut China Selatan.

Dalam banyak kesempatan, China menegaskan, mereka hanya mau isu sengketa diselesaikan secara bilateral antarnegara pengklaim.

China sejak awal mengklaim seluruh wilayah Laut China Selatan dan bersengketa dengan empat anggota ASEAN, yakni Malaysia, Brunei, Filipina, dan Vietnam.

Sikap tuan rumah Kamboja dikecam keras Filipina dan Vietnam. Filipina bahkan secara terang-terangan menuduh sikap Kamboja itu dipengaruhi China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com