Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dandim Juga Dites Urine

Kompas.com - 12/07/2012, 12:49 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 125 anggota TNI Kodim 0715 Kendal, Jawa Tengah, mengikuti tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal, Kamis (12/7/2012). Tes urine yang dilakukan di aula Makodim 0715 bertujuan untuk menciptakan TNI bersih dari narkoba.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0715 Letkol. Tyas Kusharjadi juga dites urine. Kepada Kompas.com, Tyas menyatakan, tes urine ini sangat membantu dia menciptakan anggotanya bersih dari narkoba. Sehingga TNI bisa lebih dipercaya oleh masyarakat, khususnya di Kendal.

"Selama ini belum kami belum menerima laporan ada anggota kami yang terlibat narkoba. Tapi kebenarannya akan kami buktikan dengan tes urine hari ini," kata Tyas.

Ia menegaskan, apabila nanti dari tes urine ini diketahui ada anggota TNI yang positif menggunakan narkoba, akan ditindak sesuai ketentuan berlaku.

Sementara itu, Kepala BNN Kendal, Teguh Budi Santoso mengatakan tes urine di Kodim ini adalah salah satu langkah untuk menciptakan Kabupaten Kendal sehat dan bebas narkoba. Pihaknya juga telah melakukan kegiatan yang sama di sekolah-sekolah, dan lingkungan Pemerintah Kendal. Namun hasilnya sampai saat ini nihil.

"Dandim juga minta supaya kami lakukan tes urine di semua Koramil," kata Teguh. Teguh menjelaskan, ada tiga parameter dalam tes kali ini, yakni tes ganja, ekstasi dan sabu-sabu. Bagi TNI yang positif akan diserahkan ke komandannya. Sedang sanksinya diserahkan ke instansi terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com