Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Darurat Digelar

Kompas.com - 12/07/2012, 02:16 WIB

PHNOM PENH, RABU - Negara-negara anggota ASEAN berjuang keras agar bisa segera mencapai kemajuan signifikan dalam pembahasan kode etik berperilaku di Laut China Selatan. Para menteri luar negeri ASEAN bahkan dikabarkan menggelar pertemuan darurat guna menyepakati poin-poin pernyataan bersama ASEAN.

Kabar tentang pertemuan darurat itu disampaikan seorang diplomat, Rabu (11/7), yang meminta identitasnya dirahasiakan. Menurut diplomat itu, pembahasan juga dilakukan terkait bagaimana implementasi kode etik tersebut di lapangan.

Padahal, sebelumnya semua pihak telah sepakat proses pembahasan di tingkat pejabat tinggi (senior officials meeting) antara ASEAN dan China terkait kode etik berperilaku (code of conduct/ COC) tersebut sudah bisa dimulai.

Semua anggota ASEAN sudah sepakat dengan elemen-elemen kunci yang harus ada dalam COC.

Namun, perbedaan pendapat tajam masih terjadi, terutama antara Kamboja—Ketua ASEAN tahun ini, yang juga dikenal sebagai sekutu dekat China—dan Filipina, salah satu pihak bersengketa di Laut China Selatan.

Susunan kalimat

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengakui adanya perdebatan, terutama soal perlu tidaknya menyinggung sejumlah insiden terkait eskalasi ketegangan di Laut China Selatan, sebulan terakhir.

Seperti diwartakan, ketegangan sempat terjadi antara China dan dua negara anggota ASEAN yang menjadi pengklaim wilayah Laut China Selatan, yakni Filipina dan Vietnam, terutama di wilayah Beting Scarborough.

Menurut Marty, memang penting bagi semua anggota ASEAN untuk mengekspresikan kepedulian atas apa yang telah terjadi. ”Namun, tetap jauh lebih penting untuk bisa maju ke depan dan memastikan berbagai bentuk insiden tidak lagi terjadi di masa mendatang,” ujar Marty.

Saat ditemui Kompas di Jakarta, Selasa, Marty membenarkan persoalan penyusunan kata dan kalimat dalam rancangan pernyataan bersama terkait COC di Laut China Selatan itu sangat sulit dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com