Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Airshow 2012 Digelar September

Kompas.com - 10/07/2012, 03:05 WIB

BANDUNG, KOMPAS - Event pameran dirgantara dwitahunan Bandung Airshow kembali digelar untuk kedua kalinya pada akhir September 2012. Berkaca dari musibah yang terjadi pada penyelenggaraan pertama kalinya tahun 2010, panitia berupaya untuk persiapan sebaik mungkin.

Hal itu disampaikan Komandan Pangkalan Udara Husein Sastranegara Kolonel Pnb Umar Sugeng, di Bandung, Senin (9/7). Bandung Airshow 2012 digelar selama empat hari pada 27-30 September 2012 di Lanud Husein Sastranegara.

”Festival ini digelar untuk memperkuat identitas Bandung sebagai kota dirgantara karena di sini berdiri industri dirgantara nasional. Begitu pula lembaga pendidikan kedirgantaraan,” ujar Umar.

Untuk itu, pihaknya mendatangkan beberapa atraksi dirgantara seperti Jupiter Aerobatic Team dari Jogja serta tim akrobat helikopter, Pegasus. Tim Jupiter menggunakan pesawat latih KT-1B Wong Bee, sementara tim Pegasus menggunakan EC-120 Kolibri. Keduanya akan tampil 30 menit setiap hari selama pameran berlangsung.

21 pesawat

Selama pertunjukan dirgantara bakal ada 21 unit pesawat yang terlibat. Begitu pula dengan 30-40 unit pesawat yang dipamerkan, seperti armada yang dimiliki Lanud Husein Sastranegara.

Bandung Airshow, lanjut Umar, adalah program dari Pemerintah Kota Bandung yang disepakati setiap dua tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan sebelumnya terjadi kecelakaan yang menewaskan pilot pesawat akrobat, Alexander Supeli, yang membawa pesawat Super Decathlon tepat dalam pertunjukan Bandung Airshow 2010 yang digelar bertepatan dengan ulang tahun ke-200 Kota Bandung.

(ELD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com