Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2012, 17:23 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Seorang ibu tertangkap kamera CCTV memanfaatkan anak perempuan berusia 4 tahun untuk mencuri iPhone 4S milik penjaga toko pakaian di kota Chongqing, China. Dengan cerdik keduanya berhasil menipu karyawan toko.

Sang ibu mengalihkan perhatian karyawan toko perempuan dengan menjajal banyak pakaian yang dipamerkan. Ketika pikiran penjaga toko teralihkan, bocah 4 tahun itu berlari ke meja kasir untuk mengambil iPhone 4S dan alat pengisi baterainya. Ponsel tersebut kemudian dimasukkan ke kantung celana sang ibu, yang berhasil ditutupi oleh baju-baju yang dibawa sang ibu.

Si ibu bilang ke penjaga toko hendak menarik uang tunai di mesin ATM untuk membeli baju yang ia sukai. Namun ternyata, ia tak kembali lagi.

Selang beberapa saat, barulah karyawan toko menyadari bahwa iPhone 4S-nya hilang. Ia segera melaporkan aksi pencurian kepada pihak berwenang dan menyerahkan bukti video dari kamera CCTV. Duo ibu-anak itu sekarang sudah ditangkap untuk dimintai keterangan.

Untuk mengantisipasi aksi pencurian dan keamanan data, Apple menyediakan aplikasi Find My iPhone untuk mendeteksi keberadaan produk Apple yang hilang. Aplikasi ini berjalan di perangkat bersistem operasi iOS. Setelah meng-install, pengguna cukup melakukan sig-in dengan akun Apple ID.

Find My iPhone yang diaktifkan pada pengaturan iCloud, akan menampilkan peta lokasi keberadaan perangkat Apple yang hilang. Pengguna juga bisa membuat perangkat yang hilang itu mengeluarkan suara dengan volume penuh selama 2 menit, mengunci dari jarak jauh, atau menghapus data yang ada di perangkat agar tak disalahgunakan oleh pencuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.